Piala Presiden 2024 Dimulai 19 Juli, Presiden Jokowi Dijadwalkan Membuka Acara

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Perhelatan Piala Presiden 2024 akhirnya menemukan titik terang. Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengonfirmasi bahwa Piala Presiden akan kickoff pada 19 Juli, dengan pembukaan di Bandung yang akan dibuka langsung oleh Presiden Jokowi. Dilansir dari Jawa Pos, Jum’at (12/7/2024).

Perhelatan Piala Presiden 2024 akhirnya mencapai titik terang. Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengonfirmasi bahwa Piala Presiden akan dimulai pada 19 Juli. “Insya Allah, pembukaan nanti diadakan di Bandung pada 19 Juli. Dibuka langsung oleh Presiden Jokowi,” ujar Erick, yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN.

Piala Presiden 2024 akan menjadi momen penting dalam penerapan regulasi baru Liga 1 musim 2024–2025. Tim peserta diperbolehkan menggunakan delapan pemain asing dan wajib memainkan minimal satu pemain U-22 sebagai starter selama 45 menit. Semua pertandingan Piala Presiden 2024 juga akan menggunakan VAR.

“Supaya klub juga punya pemanasan. Punya persiapan yang lebih baik. Apalagi menuju liga yang memang hari ini berubah total. Jadi, ini resmi adaptasi,” tegas Erick, yang juga mantan presiden klub Inter Milan.

Terkait peserta Piala Presiden 2024, Erick belum bersedia menjelaskan secara rinci. Menurutnya, hal ini akan diumumkan pada sesi konferensi pers berikutnya. Namun, rencananya, delapan tim akan diajak berpartisipasi dalam turnamen ini. Mereka adalah Persija Jakarta, Arema FC, Persib Bandung, Madura United, Borneo FC Samarinda, PSM Makassar, Bali United, dan Persis Solo.

Kedelapan tim tersebut dipilih dengan alasan tertentu. Persija Jakarta adalah tim juara Piala Presiden 2018, sementara Arema FC – yang dikenal sebagai Singo Edan – merupakan tim paling sukses di Piala Presiden dengan tiga kali juara, yaitu pada edisi 2017, 2019, dan 2022.

Persib Bandung, yang dikenal dengan julukan Maung Bandung, adalah juara Piala Presiden 2015 dan juga dipilih karena menjadi tuan rumah fase grup. Bali United juga dipilih karena menjadi tuan rumah fase grup.

Persis Solo dipilih karena kotanya akan menjadi tuan rumah untuk semifinal dan final. Selain itu, Madura United, Borneo FC – yang dikenal sebagai Pesut Etam – serta PSM Makassar dipilih karena akan mewakili Indonesia di ajang level Asia.

Meski belum bersedia menyebutkan tim peserta Piala Presiden secara rinci, Erick sudah memaparkan hadiah juara yang besar. “Pak Ara (Maruarar Sirait) mengumpulkan dana besar. Ini hadiah juaranya Rp 5 miliar,” terang Erick Thohir. (bim)

loading...

Feeds

DAHANA Terima Kunjungan Danlanud Suryadarma

POJOKBANDUNG.ID, SUBANG-Komandan Lanud Suryadarma Marsekal Pertama TNI Sapuan berkujung ke Kampus DAHANA, Subang, Senin, 19 Agustus 2024. Lanud Suryadarma Subang …