Warga Bandung Barat Wajib Lapor Puskesmas Jika Ingin Mengadakan Hajatan

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH – Penjabat (Pj) Bupati Bandung Barat, Ade Zakir mengimbau warga untuk senantiasa waspada dan berhati-hati ketika hendak menyajikan makanan dalam jumlah banyak.


Ia mengatakan, dalam beberapa hari terakhir ratusan orang sempat mengalami keracunan, bahkan tak sedikit yang harus mendapat penanganan medis di klinik, puskesmas, dan rumah sakit.

“Kasus keracunan makanan pernah terjadi di Gununghalu, Saguling, Lembang, Sindangkerta, dan terakhir Padalarang. Dari semua kasus sudah kami lakukan evaluasi untuk mengambil sejumlah kebijakan,” katanya.

Ia menambahkan, saat ini Pemkab Bandung Barat menerapkan kebijakan agar warga yang hendak menggelar acara hajatan maupun acara lainnya untuk melapor ke Puskesmas setempat.

“Kami minta sebelum mengadakan hajatan agar melapor terlebih dahulu ke puskesmas. Nanti Tim Sanitasi Puskesmas akan datang melihat kondisi lingkungannya, peralatan memasak, bahan baku, dan sebagainnya,” katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan, kebijakan tersebut diambil sebagai langkah preventif untuk mencegah terjadinya kasus keracunan massal terulang di Kabupaten Bandung Barat.

“Tentunya pemilik hajatan juga akan lebih tenang,” katanya.

Untuk saat ini, kata Ade, korban keracunan samenan dan kenaikan kelas SDN Gandasari, Kecamatan Sindangkerta yang dirawat di RSUD Cililin tinggal 13 orang.

“Masih ada 13 pasien yang dirawat di RSUD Cililin, tapi 8 orang hari ini sudah bisa pulang. Insya Allah yang 5 lagi besok juga sudah bisa pulang,” katanya.

Ia menegaskan, upaya lain untuk mencegah terulangnya kasus keracunan, pihaknya mewajibkan perusahaan katering harus sudah memiliki sertifikat higenis.

“Sementara untuk jajanan sekolah, karena di KBB juga pernah beberapa kali kejadian para pedagangnya akan diberikan pembinaan khusus. Hanya bagi yang sudah mendapat pembinaan diperbolehkan berjualan di sekitar lingkungan sekolah. Nanti kita pasang stiker aman di tempat jualannya,” tandasnya. (kro)

Loading...

loading...

Feeds