Pemerintah Provinsi Jawa Barat Perpanjang Perjanjian Kerja Sama Proyek TPPAS Regional Legok Nangka

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pemerintah Provinsi Jawa Barat selaku Penanggung Jawab Projek Kerjasama (PJPK) dan PT Jabar Environmental Solutions (JES) mengumumkan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama untuk Proyek TPPAS Regional Legok Nangka. Perjanjian ini menandai tonggak penting dalam komitmen daerah terhadap pengelolaan sampah yang berkelanjutan dan pelestarian lingkungan.


Proyek TPPAS Regional Legok Nangka merupakan inisiatif strategis yang bertujuan untuk meningkatkan infrastruktur pengolahan sampah di Jawa Barat. Proyek ini, yang akan dibangun di atas lahan seluas 20 hektar, dirancang untuk memanfaatkan teknologi canggih dalam pengolahan sampah menjadi energi, memastikan pengolahan sampah yang efisien dan ramah lingkungan.

Perjanjian serta komitmen bersama antara PJPK dan PT. JES akan dilengkapi dengan Komitmen Bersama dengan PT. Penjaminan Infrastruktur Indonesia, menekankan upaya kolaboratif dan tanggung jawab bersama di antara pihak-pihak yang terlibat. Proyek ini akan dibiayai melalui skema Project Finance, yang mengharuskan PT JES untuk mempertahankan rasio utang terhadap ekuitas minimal 80:20. Perjanjian tersebut juga mengatur periode konsesi selama 20 tahun yang dimulai dari Tanggal Operasi Komersial (COD) yang diharapkan pada Februari 2029. Tahapan ini merupakan tonggak penting proyek termasuk penandatanganan Perjanjian Kerja Sama, pemenuhan dokumen transaksi pada Desember 2024, serta uji komisioning yang dijadwalkan pada Agustus 2028.

Proyek ini bertujuan untuk mencapai standar operasional yang tinggi dengan indikator kinerja yang fokus pada rasio penerimaan sampah, target pelestarian lingkungan, dan siklus pengolahan sampah yang efisien.

“Proyek TPPAS Legok Nangka adalah bukti komitmen kami untuk Jawa Barat yang lebih hijau dan bersih. Kolaborasi ini akan membuka jalan bagi pengelolaan sampah yang canggih dan pembangunan berkelanjutan di Bandung Rayadaerah kami.” ujar Bey Machmudin ditemui usai Penandatanganan PKS TPPAS Regional Legok Nangka di Gedung Sate, Jumat (28/6/2024).

Proyek ini menegaskan dedikasi Jawa Barat terhadap solusi pengelolaan sampah yang inovatif dan keberlanjutan lingkungan. Diharapkan dapat secara signifikan mengurangi dampak lingkungan dari sampah di daerah tersebut sambil menyediakan sumber energi yang andal. Namun demikian, upaya pengurangan di tingkat sumber tetap perlu dilakukan oleh masyarakat dengan dukungan dari pemerintah di kabupaten / kota di Jawa Barat mengingat peningkatan timbulan sampah berkorelasi dengan jumlah penduduk.

Upacara penandatanganan menampilkan pidato/sambutan dari para pemangku kepentingan seperti Kemenko Marvest, dan Kemenko Perekonomian termasuk Penjabat Gubernur Jawa Barat, perwakilan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, serta Menteri Keuangan, dan Stakeholder lain nya. (adv)

Loading...

loading...

Feeds