Rupanya Ini Penejelasan Ilmiah Mengapa Bisa Bermimpi Aneh Ketika Panas Tinggi

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Semua orang tentu pernah merasakan demam, banyak gejala yang dirasakan saat tubuh mengalami kenaikan suhu yang menyebabkan demam tinggi.

Kesulitan tidur, tidur tidak nyenyak, ngilu di berbagai sendi tubuh, dan hal yang sering terjadi adalah mengalami mimpi yang menyesakkan.

Mimpi yang dialami saat demam cenderung memiliki nuansa yang menyeramkan, dan tak jarang dikejar dengan hal-hal aneh.

Rupanya, pengalaman mimpi yang menyeramkan dan cenderung aneh saat demam adalah efek dari kinerja otak saat tubuh mengalami kenaikan suhu.

Dilansir dari laman Verywell Mind, seperti ini sains menjelaskan mengenai pengalaman mimpi buruk saat demam.

Chelsie Rohrscheib, Ph.D., seorang ahli neurosains dan konsultan kesehatan tidur menjelaskan bahwa, mimpi saat demam menampilkan visual yang lebih jelas, intens, dan mengganggu dari biasanya.

Bermimpi saat demam juga bisa sangat emosional, seringkali membuat sedih, menakutkan, bahkan terbawa perasaan takut saat bangun tidur.

Hal tersebut terjadi karena adanya perubahan senyawa neurokimia selama demam. Perubahan senyawa ini dapat berdampak pada pusat emosional otak dan mengaktifkan respons melawan atau lari.

Secara sederhana, demam pada tubuh menyebabkan kenaikan suhu pada otak yang juga menyebabkan perubahan kinerja pada pusat kontrol saraf yang memberikan sensasi pada mimpi.

Akibatnya, otak tidak berfungsi dengan optimal sehingga bisa menyebabkan mimpi kita menjadi sedikit lebih aneh dari biasanya.

Orang yang rentan terhadap kondisi psikologis tertentu seperti depresi atau gangguan tidur tertentu, mungkin lebih sensitif mengalami mimpi aneh saat demam.

Temuan dari sebuah penelitian menunjukkan bahwa keanehan mimpi saat demam sebagian besar disebabkan oleh distorsi spasial.

Gambaran yang umum mimipi yang terjadi saat demam diantaranya adalah:

– Dinding bergerak

– Makhluk dengan lengan dan kaki yang sangat besar

– Kegelapan yang menyebar perlahan

– Serangga raksasa

– Berlari diatas jalan yang sangat empuk dan susah untuk berlari

Setiap orang mungkin mengalami mimpi saat demam dengan pengalaman yang berbeda-beda, dan mimpi demam memengaruhi orang dengan cara yang berbeda-beda juga.

Beberapa orang dapat menganggapnya hanya sebagai pengalaman mimpi aneh yang berkaitan dengan demam, sementara yang lain bisa menganggapnya sebagai hal yang sangat mengganggu.

Bagaimana cara mengatasi mimpi aneh saat demam?

Menangani mimpi yang datang secara acak mungkin adalah hal yang tidak bisa dilakukan. Namun, mengurangi gejala demam agar otak lebih tenang saat tidur dikala demam adalah upaya yang bisa dilakukan.

Tetap terhidrasi dengan minum banyak air saat demam. Jaga agar tubuh tetap sejuk, seperti kompres dengan kain dingin yang diletakkan di dahi.

Gunakan kain tipis untuk selimut dan satu lapis pakaian. Usahakan ruangan pada suhu yang nyaman, tidak terlalu dingin atau terlalu panas.

loading...

Feeds