Tekan Angka Kecelakaan Roda Dua, Jasa Raharja Jabar Fasilitasi Masyarakat untuk Mudik Gratis

POJOKBANDUNG.COM, BANDUNG – Guna mengantisipasi meningkatnya angka kecelakaan lalu lintas terutama roda dua selama arus mudik Lebaran 2024, PT. Jasa Raharja cabang Jawa Barat hadirkan layanan mudik gratis bagi masyarakat yang menuju wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogjakarta.


Tekan Angka Kecelakaan Roda Dua, Jasa Raharja Jabar Fasilitasi Masyarakat untuk Mudik Gratis

Kepala Cabang PT. Jasa Raharja Jawa Barat, Hendriawanto menyalami salah seorang pemudik yang akan mudik ke arah Jawa Tengah, di Terminal Cicaheum, Kota Bandung, Sabtu (6/4/2024). Tekan Angka Kecelakaan Roda Dua, Jasa Raharja Jabar Fasilitasi Masyarakat untuk Mudik Gratis. PUTRA WAHYU PURNOMO/POJOKBANDUNG.COM

Kepala Cabang Jasa Raharja Jabar, Hendriawanto mengatakan dilaksanakannya program mudik gratis ini merupakan salah satu upaya pihaknya untuk meminimalisir masyarakat mudik menggunakan kendaraan roda dua.

Baca Juga : Kapal dari Merak Hanya Turunkan Penumpang di Bakauheni, Tak Ada Tiket Tambahan, Polda Banten Minta Pemudik tanpa Tiket Tak Memaksakan Diri Berangkat ke Merak

“Mudik tahun ini dari Jasa Raharja kontribusinya antara lain kita berupaya meminimalisir angka kecelakaan lalu lintas terutama roda dua (sepeda motor) yang tahun lalu saja kontribusinya sampai 77 persen. Sehingga kita coba alihkan pemudik yang pakai sepeda motor ini kita fasilitasi menggunakan bus,” kata Hendri, saat pelepasan mudik gratis di Terminal Cicaheum, Kota Bandung, Sabtu (6/4/2024).

Dalam data milik Jasa Raharja, pada tahun 2023 lalu total pengendara roda dua yang menjadi korban kecelakaan selama mudik ada 2.536 dengan rincian 438 orang Meninggal Dunia dan 2.098 orang luka.

Angka itu naik jika dibanding arus mudik tahun 2022 dengan total pengendara yang jadi korban sebanyak 1.798 orang dengan rincian 481 orang meninggal dunia dan 1.317 orang terluka.

Baca Juga : H-3 Lebaran 2024, Jalur Nagreg Kabupaten Bandung Menuju Limbangan Garut Ramai Lancar

Dirinya mengharap, dengan adanya mudik gratis ini, angka kecelakaan lalu lintas khususnya kendaraan roda dua agar bisa ditekan secara optimal.

“Secara besaran penurunan kita tidak berani berasumsi, tapi kalau pun ada kejadian, kita harap tidak sebesar tahun sebelumnya,” harapnya.

Mudik Gratis yang diselenggarakan oleh Jasa Raharja Jabar ini diikuti kurang lebih oleh 250 pemudik. Para pemudik ini berangkat menggunakan lima unit bus yang telah disediakan, dengan rincian tiga bus menuju Yogjakarta, dan dua bus ke Kota Solo, Jawa Tengah.

“Alhamdulillah kuota yang kami sediakan sudah penuh ya sekitar 250 pemudik akan mudik bersama Jasa Raharja sore ini,” sebutnya.

Selain menyediakan layanan mudik gratis bagi masyarakat, pihaknya pun menjalin kerjasama dengan ratusan rumah sakit yang ada di Jawa Barat, untuk memberikan penanganan kecelakaan saat mudik berlangsung.

“Kita sudah kerjasama dengan 353 rumah sakit di seluruh Jabar yang siap untuk memberi pelayanan dan perawatan bila terjadi kecelakaan,” ungkap dia.

Selanjutnya, dirinya pun menjamin selama Idul Fitri 2024, pihaknya akan tetap membuka layanan Jasa Raharja bagi masyarakat yang membutuhkan.

“Operasional kita tetap buka ya selama lebaran. Proses santunan bagi korban kecelakaan pun akan kita proses walaupun sekarang libur,” ujarnya.

“Petugas kami juga sudah stand by di poskonya masing – masing yang tersebar di seluruh kabupaten/kota di Jawa Barat,” pungkasnya.

Sementara itu, salah seorang pemudik, Abdul Haris (40) mengapresiasi mudik gratis yang diselenggarakan oleh Jasa Raharja kali ini.

“Bagus ya ada mudik gratis ini apalagi kondisi ekonomi sedang tidak stabil kan jadi terbantu banget,” kata Haris.

Dia menilai program ini sangat membantu dirinya dan keluarga untuk bisa lebaran di kampung halaman. Selain itu, menurutnya mudik gratis ini pun lebih aman jika dibanding mudik menggunakan sepeda motor.

“Sangat menbantu dan ini lebih aman ya kalau dibanding naik motor itu kan capek banget. Kebetulan ini mudik gratis pertama juga sekeluarga bisa ikut,” tutup dia. (rup)

 

 

 

 

Loading...

loading...

Feeds