Beri Bantuan Kemanusiaan untuk Palestina dan Kunjungi Korban di Rafah

Israel telah melakukan penyerangan yang sangat brutal ke wilayah Palestina dan telah mengakibatkan kerusakan terhadap Rumah Sakit Indonesia di Gaza.

Israel telah melakukan penyerangan yang sangat brutal ke wilayah Palestina dan telah mengakibatkan kerusakan terhadap Rumah Sakit Indonesia di Gaza.

POJOKBANDUNG.COM, KAIRO – Bantuan Kemanusiaan Pemerintah Indonesia untuk Palestina akhirnya tiba di Bandara Internasional Kairo, Mesir pada Kamis (4/4), pukul 10.00 pagi waktu setempat.


Dipimpin langsung oleh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Suharyanto, bantuan langsung diserahkan pada Kementerian Kesehatan Mesir.

Bantuan kemanusiaan itu tiba setelah menempuh penerbangan selama kurang lebih 12 jam dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia tipe A330-900.

Baca Juga : Kereta Cepat Whoosh Capai 2 Juta Penumpang Sejak Operasi, Pendapatan Rata-rata Rp 3 Miliar per Hari

Dalam perjalanannya, delegasi membawa bantuan kemanusiaan senilai Rp 15,1 milyar rupiah.

Bantuan itu terdiri dari obat-obatan, alat kesehatan, logistik, dan barang lainnya sesuai permintaan yang tertuang dalam nota diplomatik yang dikirimkan Pemerintah Mesir kepada Pemerintah Indonesia.

’’Mudah mudahan bantuan ini dapat sedikit meringankan penderitaan dari rakyat Palestina akibat konflik di wilayah Gaza,’’ ujar Kepala BNPB dalam keterangan resminya, kemarin (5/4).

Baca Juga : Aturan Rest Area Mudik 2024: Pemudik Hanya Boleh Istirahat Maksimal 30 Menit, Dilarang Makan di Tempat

Menurutnya, bantuan untuk Palestina ini diberikan melalui Pemerintah Mesir lantaran banyak pengungsi Palestina yang berada di Kota Rafah, Mesir.

Selain itu, beberapa rumah sakit di Mesir juga merawat korban konflik di wilayah Palestina. Tercatat, ada sekitar 1,5 juta warga Palestina yang mengungsi di sana.

Pengiriman bantuan ini dilakukan atas perintah Presiden Joko Widodo. ’’Ini juga sebagai komitmen Pemerintah Indonesia untuk menjaga perdamaian dunia dan terlibat aktif dalam berbagai misi kemanusiaan, baik karena perang maupun bencana,’’ paparnya.

Dalam kesempatan tersebut, tim delegasi Indonesia juga melakukan kunjungan dan tinjauan ke Nasser Institute Hospital for Research and Treatment.

Delegasi melihat langsung bagaimana kondisi pasien dan perawatan yang diberikan oleh rumah sakit.

Plt. Deputi bidang Koordinasi Pemerataan Pembangunan Wilayah dan Penanggulangan Bencana Kemenko PMK Sorni Paskah Daeli  engungkapkan, selain ke Mesir, bantuan RI juga dikirim ke Sudan. Delegasi saat ini juga sudah tiba di lokasi.

Delegasi Indonesia disambut Menteri Kesehatan Sudan Dr. Haitham Mohamed Ibrahim didampingi oleh Dubes RI untuk Republik Sudan Sunarko.

Seperti di Palestina, nilai bantuan kemanusiaan ke Sudan juga sebanyak kurang lebih Rp 15 miliar. (mia/bay)

 

Loading...

loading...

Feeds

DPRD Setujui 2 Raperda Kota Bandung

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bandung resmi menyetujui dua Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Pada Rapat Paripurna …