Sarimukti Dibatasi, Penumpukan Sampah Ancam TPS

TPS Pasar Kuda Jalan Sangkuriang No 97 Cipageran, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi. ADAM ARMANDHANY/Pojokbandung.com

TPS Pasar Kuda Jalan Sangkuriang No 97 Cipageran, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi. ADAM ARMANDHANY/Pojokbandung.com

POJOKBANDUNG.COM– Pembatasan pembuangan sampah ke TPA Sarimukti dikhawatirkan pengelola TPS di Kota Cimahi. Mereka ditakuktan bakal terjadi penumpukan sampah di sejumlah TPS di wilayah Kota Cimahi.

Terhitung mulai Senin (14/8/2023) empat daerah yakni Kota Bandung, Kota Cimahi, Kemudian KBB dan Kabupaten Bandung bakal dibatasi pembuangan sampah ke TPA Sarimukti, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Pengelola TPS Pasar Kuda, Agus Mulyana mengatakan, meski di hari pertama pembatasan pembuangan sampah belum terlihat di TPS Pasar Kuda, Jalan Sangkuriang, namun pihaknya khawatir malah terjadi dikemudian hari.

“Kalau hari ini pembatasan pembuangan sampah di Cimahi masih aman-aman saja. Nggak tahu kalau besok atau lusa,” ujar Agus.

Agus menambahkan, adanya pembatasan pembuangan sampah ke TPA Sarimukti, dipastikan kedepannya bakal berdampak di TPS.

“Pasti ada penumpukan dan keterlambatan penarikan. Cuma memang hari pertama pembatasan masih normal untuk pagi ini, tidak tahu kalo sore nanti. Tapi sekarang sampah sudah banyak, ada dua truk besar sama satu mobil pikap sudah penuh,” tutur Agus.

Dampak lain yang bisa ditimbulkan dari pembatasan pembuangan itu, yakni terhadap sopir truk pengangkut sampah yang mesti siap sedia bermalam di TPA Sarimukti lantaran menunggu giliran menurunkan muatan.

“Otomatis nanti bisa terulang lagi sampah banyak yang menginap, terakhir itu satu bulan lalu. Sampai sekarang alhamdulillah berjalan normal,” ujarnya.

Harus kita ketahui, ada sebanyak 25 ton sampah dari wilayah Cimahi Utara dan Cimahi Tengah yang harus dibuang ke TPA Sarimukti.

“Ya total sampah yang diangkut dari sini bisa sampai 25 ton bahkan bisa lebih, karena di sini kan TPS terbesar di Cimahi. Untuk armada itu ada 4 truk besar,” ucap Agus. (cr1/dam)

loading...

Feeds

BPJAMSOSTEK Tasikmalaya Gelar Employee Volunteering

POJOKBANDUNG.com, TASIKMALAYA – BPJS Ketenagakerjaan Cabang Tasikmalaya melaksanakan kegiatan Employee Volunteering bersih-bersih sampah Bersama Bank Sampah Belebet dalam rangka World …