Kolaborasi Unik Warga Desa Cikadu dengan Polres Cimahi dalam Memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia ke 78

HIDKMAT : Kapolres Cimahi AKBP Aldi Subartono (kedua) bersama seluruh aparatur kewilayahan Desa Cikadu memberikan penghormatan kepada sangsaka merah putih, Rabu (9/8/2023). Foto :(GATOT POEDJI UTOMO/RADAR BANDUNG

HIDKMAT : Kapolres Cimahi AKBP Aldi Subartono (kedua) bersama seluruh aparatur kewilayahan Desa Cikadu memberikan penghormatan kepada sangsaka merah putih, Rabu (9/8/2023). Foto :(GATOT POEDJI UTOMO/RADAR BANDUNG

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG BARAT – Jajaran Polres Cimahi bersama warga Desa Cikadu, Kecamatan Sindangkerta, Kabupaten Bandung Barat malakukan kolaborasi unik sambut hari kemerdekaan Indonesia ke 78 tahun 2023.


Berbeda dengan sejumlah kegiatan yang rutin dilakukan dalam setiap memperingati hari kemerdekaan, kali ini, upaya menciptakan peringatan HUT RI ke 78 dilakukan dengan membentangkan bendera Merah Putih sepanjang 1.750 meter.

Kapolres Cimahi AKBP Aldi Subartono mengapresiasi sebuah inovasi yang diinisiasi oleh Kepala Desa Cikadu beserta jajarannya.

“Kekompakan serta kreativitas warga hingga karang taruna di Desa Cikadu ini patut dijadikan contoh oleh daerah lainnya,” kata Aldi.

Menurutnya, dalam memaknai kemerdekaan dengan digelarnya sejumlah kegiatan, merupakan salah satu upaya dalam menciptakaan kerukunan antar individu baik dalam lingkungan masyarakat dapat diadakan kegiatan kebersamaan.

“Rasa persatuan, toleransi dan semangat perjuangan diharapkan dapat tumbuh dengan adanya kegiatan ini,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Desa Cikadu, Depy SY Chobir menjelaskan, kain merah putih sepanjang 1.750 meter dan lebar 1,3 meter itu berdiri tegak dengan penyangga ratusan bambu, membentang di sepanjang Jalan Cikadu dengan ketinggian 5 meter. Mengelilingi empat kampung yakni Kampung Malaka, Pangkalan, Pasir dan Cikadu.

Pembuatan kain merah putih panjang ini melibatkan ratusan warga dengan mengumpulkan dana urunan swadaya warga.

Proses dimulai dari membeli kain, menjahit, menancapkan bambu, hingga pemasangan secara teliti agar bisa membentang dengan indah dan enak dipandang.

“Pada hari ini kita berada di desa Cikadu kecamatan Sindangkerta yang hadir bersama kita Muspika ada Camat ada pak danramil dan pak Kapolsek dan seluruh masyarakat, melaksanakan kegiatan dengan masyarakat memasang bendera, sepanjang kurang lebih 1750 meter, ini yang terbentang di desa Cikadu ini,” ungkap Depy. (gat).

Loading...

loading...

Feeds

DPRD Setujui 2 Raperda Kota Bandung

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bandung resmi menyetujui dua Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Pada Rapat Paripurna …