Kolaborasi Bersama TNI AD, Dosen Unjani Hasilkan Ratusan Penelitian dalam Setahun

Seminar nasional serta diseminasi hasil penelitian dosen di Gedung Jenderal TNI Mulyono Fisip Unjani, jalan jenderal Sudirman, Kota Cimahi pada Selasa, (6/12/2022)

Seminar nasional serta diseminasi hasil penelitian dosen di Gedung Jenderal TNI Mulyono Fisip Unjani, jalan jenderal Sudirman, Kota Cimahi pada Selasa, (6/12/2022)

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Universitas Jenderal Achmad Yani (UNJANI) diseminasikan 230 hasil penelitian dosen sepanjang taun 2022. Dalam diseminasi tersebut, sejumlah 230 penelitian dan 84 pengabdian masyarakat, dipresentasikan.

Kepala Pusat LPPM Unjani, Dadan Kurnia mengatakan, seminar nasional serta diseminasi hasil penelitian dosen Unjani merupakan pertanggungjawaban akademik, dari hasil penelitian seluruh dosen Unjani selama 2022.

“Penelitian dosen ini bekerja sama dengan TNI angkatan darat. Memfokuskan terhadap pengembangan persoalan yang ada dilingkungan TNI angkatan darat serta persoalan yang berkembang di masyarakat,” ujar Dadan.

lebih lanjut, penelitian yang dilakukan selama 2022 itu bukan hanya dilaksanakan oleh satu prodi. Melainkan dilaksanakan lintas kelimuan yang dapat memberi manfaat bagi masyarakat.

“Penelitian ini tidak hanya dilakukan satu prodi saja, tapi lintas keilmuan antar prodi di Unjani. Contoh dari fakultas kedokteran gigi kita buat salep perawatan gigi dan juga pasta gigi, yang bisa dirasakan masyarakat hasilnya,” ujarnya.

Dalam pelaksanaan penelitian, LPPM Unjani menjalin kerjasama dengan TNI AD terkait penggunaan labotatorium. Hal itu dipilih karena TNI AD memiliki fasilitas yang lengkap dalam menunjang penelitian.

“TNI memiliki laboratorium lengkap sehingga hasilnya bisa memberikan dampak kepada kebutuhan TNI serta masyarakat secara luas,” katanya.

Sementara itu, rektor Unjani Hikmahanto Juwana mengatakan, seminar kali ini berfokus pada desain dan strategi penelitian di perguruan tinggi. Staretegi ini penting, ditengah banyaknya penelitian yang sekedar mementingkan hibah.

“Kita harus serius dalam meningkatkan kontribusi kepada masyarakat. Sehingga tidak ada masyarakat yang menjadi objek hibah peningkatan jabatan saja,” ujarnya.

Pada tahun 2023, Unjani akan fokus pada penelitian interdisiplin yang memberi dampak kepada masyarakat. “Kita harus fokus penelitian dan pengabdian masyarakat dan harus interdisiplin untuk 2023, sehingga memberikan dampak yang luas” pungkasnya.

(*)

loading...

Feeds