Observatorium Bosscha Amati Hilal Idul Fitri 1442 H Mulai Hari Ini

Observatorium Bosscha ITB. Foto: bosscha.itb.ac.id

Observatorium Bosscha ITB. Foto: bosscha.itb.ac.id

POJOKBANDUNG.com, LEMBANG – Observatorium Bosscha melakukan pengamatan hilal jelang Idul Fitri 1442 H Senin 10 Mei 2021 hingga Rabu 12 Mei 2021.


Dalam melaksanakan kegiatan pengamatan hilal tersebut Observatorium Bosscha menyiapkan 2 buah teleskop berukuran 106 mm dan 66 mm berjenis refraktor yang masing-masing dilengkapi detektor kamera astronomi.

Staff Peneliti Bosscha, Yatny Tulianty mengatakan, Observatorium Bosscha setiap tahunnya menjadi salah satu rujukan untuk penetapan awal Ramadhan dan Syawal bagi Kementerian Agama Republik Indonesia dan masyarakat umum.

“Pada tanggal 12 Mei 2021 akan diselenggarakan pengamatan bulan sabit yang merupakan penanda beralihnya bulan Ramadhan ke bulan Syawal 1442 H,” katanya, Senin (10/5).

Ia menjelaskan, rukyatul hilal dilakukan pada sore hari sedangkan deteksi sabit bulan dilakukan setelah Matahari terbenam. Sementara itu, Sabit yang tampak setelah Matahari terbenam ini disebut sebagai hilal.

“Tim Observatorium Bosscha melaksanakan pengamatan hilal di Observatorium Bosscha, Lembang pada tanggal 10, 11, dan 12 Mei 2021 sejak pagi hari hingga bulan terbenam di ufuk Barat,” katanya.

Ia menyebut, pengamatan bulan sabit yang dilakukan Observatorium Bosscha tersebut bertujuan untuk meneliti ambang visibilitas (kenampakan) bulan sebagai fungsi dari elongasi dan ketebalan sabit bulan.

“Kegiatan ini merupakan pengamatan internal yang hanya dihadiri oleh staf Observatorium Bosscha, untuk mematuhi imbauan agar tidak berkegiatan yang melibatkan banyak orang di suatu tempat selama pandemi Covid-19,” tuturnya.

Ia menegaskan, pihaknya bakal menyampaikan hasil perhitungan, pengamatan, dan penelitian tentang hilal kepada unit pemerintah yang berwenang jika diperlukan sebagai masukan untuk sidang isbat.

“Masyarakat dapat mengakses data dan hasil pengamatan hilal di website Observatorium Bosscha,” pungkasnya.

(kro)

Loading...

loading...

Feeds

DPRD Setujui 2 Raperda Kota Bandung

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bandung resmi menyetujui dua Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Pada Rapat Paripurna …