Upaya Maksimalkan Peluang Bisnis dalam Kerjasama BUMD dan Krakatau Steel

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menjajaki kerjasama Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dengan PT Krakatau Steel (KS) Tbk. Ada sejumlah peluang dari berbagai sektor yang bisa dikembangkan bersama.


Kerjasama ini diimplementasikan dalam acara penandatanganan BUMN-BUMD PT Krakatau Steel & Group Dengan BUMD Jawa Barat di The Royal Krakatau Hotel, Cilegon, Kamis (15/4/2021).

Acara itu dihadiri oleh Direktur Utama Bank Bjb Yuddy Renaldi, Direktur Utama PT BIJB Salahudin Rafi dan Direktur PT Tirta Jabar. Dari Krakatau Steel hadir Direktur Utama PT KS Silmy Karim dan Wali Kota Cilegon Edi Ariyadi.

Salahudin Rafi mengatakan acara tersebut merupakan penjajakan sejumlah kerjasama strategis. Salah satu yang ditawarkan adalah penjajakan bisnis pengelolaan kawasan di Aerocity, Kertajati, Majalengka.

“Pak Gubernur juga membagi pengalaman mengelola Jawa Barat sebelum, saat menangani pandemi dan pemulihan pasca pandemi Covid-19,” katanya.

Ridwan Kamil dalam kesempatan itu memaparkan 7 peluang bisnis di Jawa Barat yang bakal berkembang seiring dengan adanya pandemi Covid-19. Peluang itu harus dimaksimalkan BUMD bersama BUMN agar bisa menjadi nilai lebih ekonomi demi kesejahteraan raykat.

Pertama, eksodus banyak perusahaan dari Tiongkok ke negara lain yang lebih aman dan jauh dari COVID-19. Kedua, kebangkitan etos kemandirian atau swasembada kebutuhan dalam negeri. Ketiga, rebound dan adaptasi sektor pariwisata digabungkan dengan pelayanan kesehatan mencontoh Singapura atau Penang.

Keempat, automatisasi Revolusi Industri 4.0. dimana dunia usaha harus mampu memanfaatkan dengan digitalisasi layanan dan optimalisasi karyawan. Kelima, peluang pengembangan usaha melalui pemanfaatan teknologi informasi.

Keenam, bisnis ramah lingkungan dan berkelanjutan seperti kendaraan listrik, energi terbarukan, atau yang tanpa energi fosil sama sekali seperti sepeda yang sedang menjadi tren gaya hidup sehat seperti sekarang. Peluang ketujuh, cara klasik yakni memaksimalkan potensi pariwisata dan wisatawan lokal di Jawa Barat.

(dbs)

Loading...

loading...

Feeds

DPRD Setujui 2 Raperda Kota Bandung

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bandung resmi menyetujui dua Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Pada Rapat Paripurna …