196 Orang Mahasiswa Prodi Profesi Apoteker Fakultas Farmasi Unjani Lulus Uji Kompetensi

Rektor Unjani, Prof. Dr. Hikmahanto Juwana S.H., LL.M.

Rektor Unjani, Prof. Dr. Hikmahanto Juwana S.H., LL.M.

“Dimana UKAI merupakan suatu momen bersejarah dalam transformasi pendidikan Apoteker Indonesia. Kedua karena pengambilan sumpah apoteker sekarang ini merupakan kombinasi offline dan online. Namun yang paling penting bagi para apoteker, pengambilan sumpah ini adalah sah sesuai peraturan perundangan dan agama yang telah di kaji oleh KFN, APTFI dan IAI serta dikonsultasikan kepada rohaniawan sesuai agama nya masing masing,” kata Eddy.

“Prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah Apoteker yang dilaksanakan Unjani merupakan model paling ideal dibandingkan pelantikan dan pengambilan sumpah Tenaga Kesehatan lainnya. Satu satunya pelantikan dan pengambilan sumpah yang ditetapkan dengan peraturan Menteri Kesehatan RI, yang melibatkan 3 pemangku kepentingan yaitu Pemerintah dalam hal ini diwakili oleh KFN, IAI sebagai Organisasi Profesi dan Unjani sebagai wakil Institusi Pendidikan,” jelasnya menambahkan.

“Saya berharap sekali lagi semoga sejawat yang dilantik dan diambil sumpahnya bisa mempelopori praktik kefarmasian secara profesional dan etik, sebagaimana tertuang dalam Standar Kompetensi Apoteker Indonesia. Meskipun acara ini bertema ‘Apoteker Baru’, marilah para sejawat sekalian kita berusaha merubah mindset masyarakat, supaya mereka bisa berkata ‘Ini Baru Apoteker’,” tutur Eddy yang disambut tepuk tangan.

Sementara Ketua Komite Farmasi Nasional, apt. Drs. Purwadi, M.M., M.E. menyinggung peran penting para apoteker di masa pandemi Covid-19. Apoteker juga dituntut ikut berperan aktif mendukung upay pemerintah dalam meminimalisir penyebaran Covid-19.

“Di masa pandemi Covid-19 ini, apoteker juga bisa ikut berperan dengan memberikan perasaan tenteram dan aman (tidak ditakut-takuti) offer reassurance. Juga bisa memberikan edukasi tentang langkah pencegahan Covid-19 dan memberikan informasi dasar berdasarkan fakta dan saran secara lisan atau tulisan,” ungkap Purwadi.

(pra)

loading...

Feeds

DPR Ngotot Alokasi Tunjangan Perumahan

POJOKBANDUNG.COM, JAKARTA – Kendati menuai kritik, rencana DPR RI memberikan tunjangan perumahan bagi wakil rakyat tidak berubah. Sekjen DPR RI …