Grab Luncurkan #TerusUsaha di Jabar, Ini Keuntungannya

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Grab meluncurkan program #TerusUsaha di Jawa Barat (Jabar) guna mempercepat proses digitalisasi UMKM.

Program #TerusUsaha sasar industri kecil dan pedagang pasar

Program #TerusUsaha Grab ini sendiri terbagi menjadi dua. Keduanya menyasar industri kecil dan pedagang pasar.

1. Pelatihan dan digitalisasi

Program pertama yakni, pelatihan dan digitalisasi yang diperuntukan untuk puluhan ribu Industri Kecil Menengah (IKM) binaan Disperindag Jabar.

Dalam program ini, Grab bekerja sama dengan Disperindag Jabar untuk memberikan pelatihan secara virtual, dirancang untuk meningkatkan kapasitas dan daya saing.

Topik pelatihan akan fokus pada peran digitalisasi bagi bisnis kecil di era new normal.

2. Sosialisasi layanan digital

Dalam #TerusUsaha, Grab juga memiliki program berupa sosialisasi layanan digital bagi ribuan pedagang pasar yang bekerja sama dengan Disperindag Kab. Bandung.

Sosialisasi yang dilakukan bertujuan mempermudah adaptasi layanan digital, sekaligus meningkatkan daya saing dan pendapatan di era new normal.

Program ini menyasar lima pasar tradisional di wilayah Kab. Bandung, yakni; Pasar Banjaran, Margahayu, Majalaya, Baleendah dan Pasar Ciwidey.

Head of West Indonesia Grab Indonesia, Richard Aditya mengatakan, program #TerusUsaha komitmen Grab bagi bisnis kecil dan tradisional agar lebih memiliki daya saing dan tidak tertinggal dalam era digital.

“Kita melihat bagaimana ada banyak bisnis yang tidak mampu bertahan dan bersaing di era new normal ini karena belum terdigitalisasi. Perubahan pola konsumsi masyarakat yang bergantung pada layanan digital menjadi salah satu faktor terbesarnya,” ujar Richard dalam konverensi virtual, Kamis (6/8/2020).

“Beralih dan mulai memanfaatkan digitalisasi adalah cara terbaik yang bisa dilakukan oleh para pelaku UMKM untuk mempertahankan usaha mereka di era tatan baru ini. Program #TerusUsaha ini juga sejalan dengan komitmen jangka panjang GrabForGood untuk membawa lebih banyak dampak positif dari teknologi kami,” urainya.

Pemprov Jabar Apresiasi #TerusUsaha

Sementara itu, Kepala Biro Perekonomian Sekretariat Daerah Jawa Barat Benny Bachtiar, yang mewakili Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengapresiasi peluncuran Program #TerusUsaha di Jabar ini.

Menurutnya, pengembangan koperasi dan UMKM menjadi salah satu target pihaknya untuk membuat koperasi dan UMKM yang juara, berkualitas, dan berdaya saing tidak hanya di tingkat nasional, tapi hingga level internasional.

“Saat ini, ada banyak UMKM yang terancam kehilangan penghasilannya karena COVID-19. Di tengah kesulitan ini, pasti ada peluang yang bisa dimanfaatkan. Kami sangat bangga dengan Grab yang sangat peduli dengan UMKM dan berterima kasih atas peluncuran program #TerusUsaha di Jawa Barat,” tutur Benny.

“Program ini adalah salah satu kampanye positif yang harus bersama-sama kita dukung. Diharapkan UMKM bisa menjadi sokoguru perekonomian bangsa dan membawa kembali kebangkitan perekonomian bangsa serta mampu menyejahterakan rakyat,” timpalnya.

loading...

Feeds

Penggiat Event Curhat ke Kang Arfi

Penggiat Event Curhat ke Kang Arfi

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG- Konser band kawakan Sheila On 7 sempat direncanakan berlokasi di Kota Bandung pindah ke Kabupaten Bandung. Hal itu menjadi …