Inspiratif, Pelayanan Tetap Maksimal untuk Nasabah Disabilitas

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Seorang warga disabilitas bernama Widi Utami membagikan pengalamannya di media sosial twitter saat melakukan transaksi di Bank Negara Indonesia (BNI). Tulisan tentang apresiasi kepada satpam yang melayaninya dengan maksimal viral dengan respon yang positif dari netizen karena dianggap menginspirasi.

Lewat akun Twitter @MustikaUngu, ia menulis dalam sebuah utas berjudul ‘Tuli Pergi ke Bank di Tengah Pandemi’. Tulisan tersebut berisi penghormatan untuk Satpam BNI bernama Kurniawan di Jati Raya, Banyumanik, Semarang, Jawa Tengah.

Satpam tersebut membantunya melakukan transaksi di masa new normal karena semua karyawan mengenakan masker. Setiap pertanyaan dan jawaban dari bagian pelayanan dituliskan agar Widi bisa bertransaksi.

Dalam memperoleh layanan, nasabah BNI Widi melampirkan sebuah foto tulisan tangannya agar lebih mudah dikenali oleh pihak keamanan bank tersebut. “Pak/Bu, saya tuna rungu. Saya tidak bisa memahami omongan kalau pakai masker. Saya minta tolong ditulis aja, ya. Saya ke sini mau ambil uang Tabunganku”. Kemudian, terdapat percakapan lewat tulisan mengenai antrean dan lainnya.

Widi mengaku meski tuli, dia masih bisa berbicara. Dia memahami ucapan orang lain dengan cara membaca gerak bibir. Namun, saat ada kewajiban mengenakan masker, dia pun tak mampu lagi berkomunikasi dengan membaca gerak bibir lawan bicaranya.

“Tapi aku masih meyakini ada jalan untuk tetap berkomunikasi. Kunjungan ke BNI dekat pasar Rasamala Jati Raya Banyumanik kemarin membuatku terharu,” kata dia.

Setelah dia datang ke BNI dengan membawa tulisan tersebut, Widi kemudian ditemani oleh satpam untuk mengisi slip penarikan hingga ke teller. Satpam jugalah yang memberitahu Widi ketika nomor antreannya dipanggil.

“Teller berbicara, satpam yang menuliskannya untukku,” kata dia.

Dia optimistis Indonesia semakin dapat menerima kelompok disabilitas. Masyarakat diyakini semakin inklusif terhadap kelompok rentan dengan cara mulai mempelajari bahasa isyarat yang akan berguna pada saat-saat seperti pandemi ini.

Kabar tersebut mendapat tanggapan dari Direktur Layanan dan Jaringan BNI Adi Sulistyowati. Perempuan yang karab disapa Susi ini memastikan bahwa setiap karyawannya memberikan pelayanan yang terbaik bagi semua nasabah.

“Tanpa membeda-bedakan status maupun kondisi spesifik setiap orang. Kami turut bangga dan bahagia atas kepuasan Ibu Widi Utami terhadap pelayanan yang diberikan oleh Bapak Kurniawan di Kantor BNI Cabang Jati Raya, Banyumanik,” kata dia melalui siaran pers yang diterima, Minggu (7/6/2020).

Dia berharap pelayanan BNI tidak hanya memuaskan, akan tetapi memberikan nilai lebih bagi para nasabahnya. Terkait dengan pelayanan yang diberikan Kurniawan, dia mengatakan sangat patut diberikan apresiasi.

“Karena yang dilakukannya telah memenuhi standar profesionalitas dan sikap berorientasi pada pelanggan yang dilakukan oleh seorang petugas satuan pengamanan di BNI,” lanjut dia.

(dbs)

loading...

Feeds