Hasil Evaluasi PSBB KBB Berkategori Baik, Survei LSI: Warganya Layak Bekerja di Luar Rumah

POJOKBANDUNG.com – Kebijakan work from home (WFH) bisa mulai dilonggarkan, salah satunya di wilayah Kab. Bandung Barat (KBB).

Lingkaran Survei Indonesia (LSI) menyebut, bekerja di luar rumah bisa dilakukan, tapi tidak untuk semua pekerja maupun jenis pekerjaan. Tetap ada golongan yang masih harus terus berada di rumah.

Dalam paparannya kemarin (16/5), pendiri LSI Denny J.A. mengatakan, tren pertambahan kasus terlihat mulai mendatar.

Sebaliknya, dampak negatif pandemi terhadap ekonomi justru kian memuncak. Itu terlihat pada jumlah penganggur yang meningkat dan turunnya laju pertumbuhan ekonomi nasional.

Karena itu, syarat untuk bisa kembali bekerja di luar relatif sudah terpenuhi. “Namun, tak bisa dilakukan secara serentak dan harus dilaksanakan secara bertahap,” terang Denny.

Sebab, grafik kasus setiap wilayah berbeda-beda setelah PSBB diberlakukan.

Menurut Denny, untuk saat ini baru lima daerah yang sudah layak memulai kembali aktivitas ekonomi di luar rumah.

Yakni, empat daerah yang evaluasi PSBB-nya masuk kategori B atau baik yang meliputi DKI Jakarta, Kota Bogor, Kab. Bogor dan Kab. Bandung Barat (KBB).

Satu wilayah lagi yang layak adalah Provinsi Bali. “(Bali) wilayah yang tidak memberlakukan PSBB, tapi tren kasus hariannya menurun,” lanjut Denny. Di luar itu, belum saatnya memulai kembali aktivitas ekonomi di luar rumah.

Meski demikian, tidak semua orang di wilayah itu bisa begitu saja keluar rumah untuk bekerja. Hanya mereka yang berusia 45 tahun ke bawah dan tidak memiliki penyakit komorbid seperti jantung, hipertensi, paru-paru, atau diabetes yang boleh keluar.

Selebihnya, mereka yang berusia di atas 45 tahun atau memiliki penyakit komorbid harus tetap berada di rumah.

(jpc/rb)

loading...

Feeds

Penggiat Event Curhat ke Kang Arfi

Penggiat Event Curhat ke Kang Arfi

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG- Konser band kawakan Sheila On 7 sempat direncanakan berlokasi di Kota Bandung pindah ke Kabupaten Bandung. Hal itu menjadi …