Waspada! Uang Tunai, Belanja Online, Orang Terdekat Bisa Tularkan Virus Corona

POJOKBANDUNG.com – Waspadai uang tunai, barang belanja online dan orang terdekat karena bisa menularan wabah virus Corona (Covid-19).  Tiga sumber itu kerap terlupakan sebagian masyarakat yang menganggapnya remeh tetapi berdampak merusak imun yang lemah.

Guru Besar Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) Purnawan Junaidi meminta masyarakat agar mewaspadai tiga sumber penularan wabah virus corona jenis baru atau COVID-19 yang sering terlupakan, yakni uang tunai, barang belanja dalam jaringan (daring) atau online, dan orang terdekat (keluarga).

“Memang ada tiga sumber penularan yang sering dilupakan orang yakni, barang online, uang cash, sama orang terdekat. Untuk barang-barang yang dibeli atau diterima masyarakat secara daring, terkadang diperlakukan biasa padahal bisa berpotensi membawa virus juga, termasuk orang yang mengantarnya,” ujar  Purnawan di BNPB Jakarta Pusat, Sabtu (28/3/2020).

Ketua Aliansi Telemedia Indonesia tersebut mengungkapkan, barang-barang yang diterima secara online itu tidak tahu bagaimana prosesnya, bagaimana yang mengantar ini harus dilakukan sebagai benda terinfeksi.

Sedangkan uang tunai, kata dia, bisa menularkan virus dari orang per orang karena ada sentuhan benda dengan anggota tubuh terutama tangan, sehingga masyarakat diharapkan mengusahakan cara-cara tertentu sehingga transaksinya lebih aman.

“Uang cash itu akan menular dari orang ke orang, jadi itu harus ada caranya. Kalau saya pegang pakai plastik saya taruh di tempat khusus di rumah. Dan terakhir adalah orang terdekat, terutama yang masih muda,” ungkapnya.

loading...

Feeds

Penggiat Event Curhat ke Kang Arfi

Penggiat Event Curhat ke Kang Arfi

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG- Konser band kawakan Sheila On 7 sempat direncanakan berlokasi di Kota Bandung pindah ke Kabupaten Bandung. Hal itu menjadi …