Akumobil Dinilai Tak Bisa Jalankan Pola Market Place

Pihak kepolisian Polsek Lengkong berupaya tenangkan massa

Pihak kepolisian Polsek Lengkong berupaya tenangkan massa

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Massa yang protes menuntut haknya mendatangi kantor Akumobil. Konsumen yang sudah menyetorkan sejumlah uang dengan harapan mendapatkan mobil impian dengan harga miring, rupanya belum mendapatkan barangnya. Pengamat ekonomi menganalisis akumobil mengadaptasi konsep market place namun janggal.

Konsep akumobil yang menjual jasa pembelian mobil dengan harga miring rupanya disebut pengamat ekonomi UIN Bandung, Setia Mulyawan baru terjadi di Indonesia. Maka dari itu, dia masih menganalisa maksud dan tujuan dari konsep yang dipakai.

Setia menuturkan market place lain yang menyediakan pembelian kendaraan hanya sekadar menghadirkan lapak. Apabila tertarik, konsumen seharusnya menyetorkan uangnya pada produsen bukan kepada market place.

“Ini baru pertama saya temui di Indonesia. Ada market place yang mengendapkan uangnya terus akhirnya kendaraan tidak dikirim. Padahal tidak tau apakah memang uangnya diputar oleh perusahaan untuk portofolio investasi lain atau memang kendaraannya belum tersedia sehingga terlambat dikirim,” kata Setia saat dihubungi Radar Bandung, Kamis (31/10).

Dia juga mempertanyakan uang yang disetorkan konsumen digunakan untuk yang lain atau memang sudah diserahkan namun kendaraan belum ada sehingga konsumen salah paham.

“Kalau beli barang di market place kan harusnya digiring ke marketplace, tidak di perusahaan pengguna jasa Ini kan uangnya malah disetor ke akumobilnya. Kalau misalkan produsen tidak ada berarti unit tidak bisa dikirim,” sambungnya.

Mengenai pidana yang bisa menjerat Akumobil, Setia enggan berkomentar karena ini merupakan ranah kepolisian. Setia hanya menekankan masyarakat untuk lebih berhati-hati apabila membeli produk khususnya kendaraan.

“Masyarakat tidak serta merta begitu saja mempercayai apa yang ditawarkan skema online, berhati-hati dan harus ada kepastian setiap transaksi supaya tidak hilang uangnya,” tandasnya.

(fid)

loading...

Feeds

BPJAMSOSTEK Tasikmalaya Gelar Employee Volunteering

POJOKBANDUNG.com, TASIKMALAYA – BPJS Ketenagakerjaan Cabang Tasikmalaya melaksanakan kegiatan Employee Volunteering bersih-bersih sampah Bersama Bank Sampah Belebet dalam rangka World …