Aktivitas Tangkuban Parahu Masih Tinggi

MEMBERSIHKAN: Seorang petugas sedang membersihkan sisa abu vulkanik beberapa waktu lalu di sekitaran Kawah Ratu.
(foto: MOCH.HABIBI/RADAR BANDUNG)

MEMBERSIHKAN: Seorang petugas sedang membersihkan sisa abu vulkanik beberapa waktu lalu di sekitaran Kawah Ratu. (foto: MOCH.HABIBI/RADAR BANDUNG)

POJOKBANDUNG.com, LEMBANG – Aktivitas vulkanik Gunung Tangkubanparahu yang terletak di Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Subang masih tinggi.

Sudah lebih dari dua pekan gunung berbentuk perahu terbalik itu tidak mengalami penurunan aktivitas vulkanik. Sampai sekarang, PVMBG masih belum mencabut status Waspada (Level II).

Kepala Bidang Mitigasi Gunungapi pada Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Dr. Hendra Gunawan, mengatakan pihaknya mencatat hingga kini, masih mengalami tremor menerus (microtremor) dengan amplitudo 5-35 mm (dominan 15 mm).

“Dari hasil pengamatan pukul 06.00-12.00 WIB hari ini, asap teramati berwarna putih dengan intensitas tebal dan tinggi sekitar 130 meter dari dasar Kawah Ratu,” kata Hendra Gunawan, Kamis (22).

Hendra mengimbau, masyarakat di sekitar Gunung Tangkubanparahu dan wisatawan agar tidak mendekati kawah yang ada di puncak gunung dalam radius 1,5 kilometer dari kawah aktif.

Kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Tangkubanparahu direkomendasikan untuk sementara ditutup sampai jarak aman tersebut.

“Masyarakat di sekitar Gunung Tangkubanparahu diharap tenang, beraktivitas seperti biasa. Tidak terpancing isu-isu tentang terjadinya letusan dan harap selalu mengikuti arahan Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) setempat,” imbaunya.

(bie)

loading...

Feeds

BPJAMSOSTEK Tasikmalaya Gelar Employee Volunteering

POJOKBANDUNG.com, TASIKMALAYA – BPJS Ketenagakerjaan Cabang Tasikmalaya melaksanakan kegiatan Employee Volunteering bersih-bersih sampah Bersama Bank Sampah Belebet dalam rangka World …