60 Tahun Geologi Unpad Tanam 1.000 Pohon di Hulu Sungai Citarum

POJOKBANDUNG.com, KERTASARI – Sebagai rangkaian kegiatan peringatan 60 tahun Geologi Unpad. Pihaknya meyelenggarakan penanaman 1.000 pohon di daerah Cisanti sebagai hulu sungai Citarum. Hal tersebut dilakukan sebagai bukti bakti Geologi Unpad untuk pelestarian lingkungan.


Kegiatan ini terselenggara berkat kerjasama Fakultas Teknik Geologi Unpad, IKA Geologi Unpad, HMG Unpad, Badan Geologi-KESDM, Kemenko Maritim, dan pihak sponsor.

Dekan Fakultas Taknik Geologi Vijaya Isnaniawardhani meyebutkan kegiatan penanaman pohon ini bertujuan untuk mengajak dan menyadarkan masyarakat terhadap lingkungan. Sebab kata dia,  saat ini alam sudah mulai kritis.

“Kita sebagai akademisi harus memberikan contoh. Tidak hanya sebatas riset,” kata Vijaya, Sabtu (22/12).

Lanjut dia, selain adanya penanaman pohon,  rangkayan peringatan 60 tahun Geologi Unpad juga sebelumnya telah melakukam beberapa kegiatan yang mengenai lingkungan, salah satunya sosialisasi terhadap adanya pergerakan sesar Lembang beberapa waktu lalu.

“Nanti puncaknya kita ada seminar nasional,  terkait lingkungan, ” ucapnya.

Dia berharap dengan adanya kegiatan ini,  masyarakat bisa ikut tergerak dalam menjaga lingkungannya. “Kita ingin langsung turun kelapangan untuk memberikan contoh kepada masyarakat, ” ujarnya.

Sementara itu,  Letkol Infantri Khoirul Anam Dansektor Pembibitan Citarum Harum, menyambut baik kegiatan yang di lakukan Geologi Unpad tersebut. Lantaran dengan banyak akademisi yang ikut berperan aktif dalam pelestarian hulu sungai Citarum ini bisa mempermudah tercapainya program Citarum Harum.

“Saya ucapkan teimakasih kepada Unpad, dengan penanaman pohon ini membantu langsung program citatum harum,” terangnya.

Terang dia dulunya hulu sungai Citarum ini hutan lindung. Dan kita ingin mengembalikan wilayah Cisanti ini menjadi hutan lindung kembali.

“Kalau ini kembali jadi hutan lindung. Dipastikan sedimentasi ke hilir bisa di kurangi, ” terangnya.

Dia berharap, kedepannya ada banyak Universitas lain yang ikut menanam pohon di hulu sungai citarum ini.  Sehingga kedepannya pohon-pohon yang di tanam hari ini bisa di nikmati oleh generaai berikutnya.

“Mudah-mudahn lebih banyak lagi Universitas yang peduli, ” pungkasnya.

(ipn/pojokbandung)

Loading...

loading...

Feeds

DPRD Setujui 2 Raperda Kota Bandung

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bandung resmi menyetujui dua Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Pada Rapat Paripurna …