Jumlah CPNS yang Lolos Tak Penuhi Kuota

ilustrasi tes CPNS.

ilustrasi tes CPNS.

POJOKBANDUNG.com,BANDUNG- Peserta tes CPNS yang lolos pada tahap awal jumlahnya tidak memenuhi kuota CPNS yang dimikili Pemkot Bandung.

“Tes tahun ini memang tes-nya paling sulit dibandingkan tes-tes sebelumnya,” ujar Kepala Bidang Perencanaan Data dan Informasi Kepegawaian pada Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Bandung, Rachmat Satiadi.

Seperti diketahui, kuota CPNS untuk Pemkot Bandung dari Kemenpan RB sebanyak 790, sedangkan peserta tes CPNS sebanyak 19.169, namun yang lolos pada tes awal sebanyak 674 orang.

“Kami baru mendapat informasi hanya 674 yang lolos tes tahap awal atau tes kompetensi dasar. Tes tahap awal ini terdiri dari tes intelegensi umum, tes Wawasan Kebangsaan dan Tes Karakteristik Pribadi.‎ untuk selanjutnya ada tes lanjutan, yaitu Seleksi Kompetensi Bidang, namun kami belum diberi kabar kapan akan dilaksanakan,” papar Rachmat.

Menurut Rachmat, dari tes kompetensi dasar, bobot yang paling besar adalah tes karakteristik pribadi sebanyak 143 poin.

“Ini sengaja dilakukan, untuk mencari PNS-PNS berintegrasi,” terangnya.

Bahkan Rachmat menceritakan, ada dokter yang tes intelegensi tinggi, namun tes kepribadiannya rendah, maka tidak akan lulus.

“Kalau orang yang punya kepribadian baik, urusan kemampuan bisa diasah. Tapi kalau kepribadian sudah jelek maka akan sulit bekerja baik,” paparnya.

Rachmat mengatakan, jumlah peserta lolos di Kota Bandung terhitung baik dibandingkan di kota lain.

“Di kita jumlah yang lolos ini mencapai 80 persen, itu lebih baik daripada di kota lain,” tambahnya.

Atas hasil ini, Rachmat mengatakan, akan meminta pusat untuk mengevaluasi sistem tes CPNS ini.‎
Kepada para peserta tes CPNS yang sudah lolos tahap awal, Rachmat menitipkan agar menggunakan kesempatan sebaik-baiknya. Jangan sampai ada kesalahan teknis atau keterlambatan saat akan mengikuti ujian.

“Pada tes awal kemarin, ada yang datang 15 menit sebelum tes dimulai. Padahal kami memberi tahu sebaiknya datang 1 jam sebelum tes dimulai,” terangnya. (mur)‎

loading...

Feeds

Penggiat Event Curhat ke Kang Arfi

Penggiat Event Curhat ke Kang Arfi

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG- Konser band kawakan Sheila On 7 sempat direncanakan berlokasi di Kota Bandung pindah ke Kabupaten Bandung. Hal itu menjadi …

BYD M6 Diperkenalkan di GIIAS Bandung 2024

POJOKBANDUNG.com – Setelah sukses memperkenalkan kendaraan listrik (EV) unggulannya di GIIAS Jakarta dengan total pemesanan mencapai 2.920 unit, serta di …