Ancaman Potensi Gempa Sesar Lembang, Pemerintah Waspada dari Sekarang

Ilustrasi Sesar Lembang

Ilustrasi Sesar Lembang

Khusus membahas Sesar Lembang, dia mengatakan pihaknya akan memberikan sosialisasi terhadap masyarakat dan melakukan persiapan sebagai bentuk antisipasi bila terjadi sewaktu-waktu.

“Masyarakat perlu tahu bahayanya seperti apa. Bukan menakut-nakuti, hanya saja menyiapkan langkah antisipasi itu lebih bijaksana,” bebernya.

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari berbagai sumber, Patahan Lembang ini memiliki potensi gempa bumi berkekuatan 6,5 – 7 skala richter ketika mengalami pergerakan, dengan catatan seluruh segmennya turut bergerak.

Hal yang tak kalah penting adalah di sekitar patahan ini terdapat bangunan permanen yang menjadi tempat tinggal bagi masyarakat, juga menjadi tempat berdirinya kantor pemerintahan Kabupaten Bandung Barat. Hal tersebut akan sangat tidak mungkin jika bangunannya harus direlokasi.

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Klas 1 Bandung, Tony Agus Wijaya mengatakan, banyaknya bangunan di sepanjang jalur Sesar Lembang ini patut menjadi perhatian semua pihak. Sebab jika bangunannya tidak kuat menahan gempa, dikhawatirkan akan menimbulkan banyak korban jiwa.

“Sangat tidak disarankan sebenarnya membuat bangunan di sekitar Sesar Lembang ini. Kalau sekarang mungkin sudah terlambat ya, kan bangunannya sudah permanen. Warga di Jepang sudah mendirikan rumah dengan pondasi tahan guncangan gempa, itu yang mesti dicontoh,” tegasnya.

(dan)

loading...

Feeds

BPJAMSOSTEK Tasikmalaya Gelar Employee Volunteering

POJOKBANDUNG.com, TASIKMALAYA – BPJS Ketenagakerjaan Cabang Tasikmalaya melaksanakan kegiatan Employee Volunteering bersih-bersih sampah Bersama Bank Sampah Belebet dalam rangka World …