Kanwil DJP Jabar I Anugerahi KPP Soreang, Terbaik

Kakanwil DJP Jabar I Yoyok Satiotomo bersama para pemenang penilaian KPP Terbaik di  Kanwil DJP Jabar I.

Kakanwil DJP Jabar I Yoyok Satiotomo bersama para pemenang penilaian KPP Terbaik di Kanwil DJP Jabar I.

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG–Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Soreang terpilih sebagai KPP terbaik di lingkungan Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Barat I. Disusul KPP Pratama Bandung Tegallega dan KPP Pratama Majalaya sebagai juara kedua dan ketiga. Pengumuman para juara tersebut digelar pada acara Penganugerahan Kantor Pelayanan Terbaik Kanwil DJP Jabar I yang berlangsung di Gedung Keuangan Negara (GKN), Jalan Asia-Afrika, Kota Bandung.

Selain kategori KPP Terbaik, anugerah diberikan kepada kategori lainnya, antara lain KPP dengan pengelolaan medsos terbaik: KPP Pratama Bandung Cibeunying, KPP Pratama Purwakarta dan KPP Pratama Cianjur, KPP dengan kontributor konten pajak.go.id terbaik: KPP Pratama Bandung Cicadas, KPP Pratama Cimahi dan KPP Madya Bandung serta Taxmin (admin medsos) Terbaik di lingkungan kanwil DJP Jabar I yang dimenangkan oleh Anggit Arum KW, M Yannar Rahman dan Rusdiyanto.

“Kami memberikan penghargaan kepada KPP terbaik dan setiap tahun pemenangnya berganti-ganti, ini menunjukkan adanya sebuah kompetisi diantara KPP untuk menjadi yang terbaik,” ujar Kepala Kanwil DJP Jabar I Yoyok Satiotomo kepada wartawan seusai Penganugerahan Kantor Pelayanan Terbaik, di GKN, Bandung, Kamis (18/10).

Yoyok mengatakan, untuk menentukan pemenang ada kriterianya, antara lain, pelayanan yang terbaik bagi wajib pajak, kemampuan berinovasi, dan penerapan zona integritas bebas korupsi.

“Sekarang ujiannya lebih berat lagi, yakni penerapan zona integritas bebas korupsi di masing-masing KPP, termasuk kemampuan untuk berinovasi seperti penyediaan ruang memadai, fasilitas ngecharge hape, musik yang enak sehingga membuat nyaman bagi wajib pajak. Wajib pajak memberikan penilaian mana yang paling bagus, terpenting adanya zona integritas bebas korupsi, jadi enggak ada petugas kami yang minta uang atau ditawari pun menolak,” papar Yoyok.

Pemenang program penilaian KPP ini, kata Yoyok, setiap tahunnya berubah-ubah.

“Ini menunjukkan adanya kompetisi, masing-masing KPP yang berjumlah 16 berkompetisi untuk menjadi yang terbaik. Setelah meraih penghargaan juara, mereka selanjutnya akan bertanding di tingkat nasional,” ungkapnya.

Yoyok menambahkan, salah satu fungsi KPP adalah pelayanan. Peningkatan kepercayaan, kesadaran, serta kepatuhan sukarela dari wajib pajak salah satunya dapat ditempuh dengan memberikan kualitas pelayanan perpajakan. Sejalan arah kebijakan DJP dalam hal pelayanan terhadap wajib pajak untuk mewujudkan Kepatuhan sukarela dari para Pembayar Pajak (Tax Payers) maka DJP harus menjamin kualitas pelayanan yang diberikan kepada para Wajib Pajak.

Untuk menjaga serta meningkatkan kualitas pelayanan serta sesuai amanah UU No 25 Tahun 2009 tentang pelayanan publik perlu dilakukan evaluasi melalui penilaian secara berkala. Kanwil DJP Jabar I menyelenggarakan Penganugerahan Kantor Pelayanan Terbaik dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan dan Kinerja Kantor Pelayanan serta mempercepat reformasi birokrasi untuk mewujudkan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani di lingkungan Kementerian Keuangan. Selain itu, agar setiap KPP selalu berinovasi dalam meningkatkan pelayanannya.

“Bagi Kanwil DJP Jabar I, kegiatan ini akan mampu mengetahui kinerja penyelenggaraan pelayanan di seluruh kantor di wilayah Kanwil DJP Jabar I, sehingga dapat menjadi salah satu tolak ukur dalam penerapan kebijakan-kebijakan yang akan dilaksanakan di bidang pelayanan,” pungkas Yoyok. (nto)

loading...

Feeds

Penggiat Event Curhat ke Kang Arfi

Penggiat Event Curhat ke Kang Arfi

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG- Konser band kawakan Sheila On 7 sempat direncanakan berlokasi di Kota Bandung pindah ke Kabupaten Bandung. Hal itu menjadi …