Persib Bandung Jangan Ulangi Dosa 11 Tahun Lalu

Mario Gomez

Mario Gomez

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Euforia sedang dirasakan Persib Bandung setelah menjadi juara paruh musim Liga 1 2018. Sebab, pencapaian itu terbilang di luar dugaan banyak pihak.

Apalagi jika menilik komposisi pemain, musim ini Persib tidak lagi menjadi ‘Los Galacticos Indonesia’. Persib Bandung lebih banyak merekrut pemain tanpa nama besar di sepakbola Indonesia.

Persib saat ini bercokol di puncak klasemen berkat torehan 29 poin. Total, dari 17 laga, Persib mengoleksi delapan kemenangan, lima hasil imbang, dan empat kekalahan.

Berdasarkan catatan sejarah, Persib pernah menjadi juara paruh musim pada kompetisi musim 2007 atau 11 tahun lalu. Saat itu, Persib benar-benar menjadi tim perkasa.

Pada masa itu, Persib dilatih arsitek asal Moldova yaitu Arcan Iurie. ‘Maung Bandung’ begitu ganas saat bermain di kandang maupun tandang.

Nama-nama seperti Nova Arianto, Nyeck Nyobe, Cristian Bekamenga, Patricio Jimenez, Zaenal Arif, dan Eka Ramdani saat itu menjadi andalan tim. Secara total, Persib berhasil mengumpulkan 36 poin di akhir putaran pertama yang jauh melampaui tim lainnya.

Akan tetapi, Arcan Iurie mengambil langkah besar yang berakibat fatal. Eka Ramdani yang saat itu menjadi andalan Tim Nasional Indonesia membuat Iurie berpikir keras.

Sebab, Eka harus menjalani masa pemusatan latihan yang cukup lama sehingga harus absen cukup panjang membela Persib. Perjudian besar pun dilakukan Iurie.

Ia dengan terpaksa melepas Nyeck Nyobe dengan status pinjaman ke Persela Lamongan. Padahal, Nyeck merupakan pilar utama Persib di lini belakang. Ia jadi kunci kesuksesan Persib menjadi juara paruh musim.

Sebagai gantinya, didatangkan pemain asing lain dari PSM Makassar, yaitu Leontin Chitescu. Pemain berposisi gelandang serang itu sengaja diboyong untuk menggantikan posisi Eka Ramdani.

Bobotoh saat itu banyak yang bereaksi dan mengkritik kebijakan Iurie. Apalagi, penampilan Leo dinilai tidak sesuai harapan.

Bukan hanya Bobotoh, pemain pun bereaksi. Cristian Bekamenga yang saat itu merupakan striker paling ganas di Indonesia mendadak minggat untuk bermain di Prancis.

Dipinjamkannya Nyeck Nyobe disebut-sebut sebagai alasan Bekamenga mendadak tampil melempem hingga akhirnya minggat dari Persib. Ketajaman Persib pun mendadak memudar hingga akhir putaran kedua.

loading...

Feeds

Penggiat Event Curhat ke Kang Arfi

Penggiat Event Curhat ke Kang Arfi

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG- Konser band kawakan Sheila On 7 sempat direncanakan berlokasi di Kota Bandung pindah ke Kabupaten Bandung. Hal itu menjadi …