Lebih Dekat dengan Zabivaka, Maskot Piala Dunia 2018 dari Rusia

Sumber: Shutterstock

Sumber: Shutterstock

Tugas Utama Maskot Terpilih

Setelah terpilih, maskot resmi akan dijadikan bahan sebagai alat sosialisasi penyelenggaraan Piala Dunia. Selanjutnya, maskot terpilih ini akan digunakan sebagai materi promosi Piala Dunia oleh FIFA dan tersebar ke seluruh dunia dalam bentuk merchandise.

Salah satu materi promosi yang paling diingat yang dilakukan oleh Naranjito, maskot Piala Dunia 1982. Naranjito yang berbentuk buah jeruk ini dianggap sebagai salah satu maskot paling populer sepanjang masa. Bahkan, ia merupakan satu-satunya maskot yang memiliki acara kartun sendiri hingga 20 episode.

Maskot Lain Sebelum Zabivanka

Selain menghibur dan unik, sejumlah maskot terpilih FIFA juga memiliki pesan khusus di dalamnya. Hal itu juga berlaku pada maskot Piala Dunia sebelum Zabivanka seperti Tip and Tap, maskot Piala Dunia 1974 di Jerman yang disimbolkan dengan dua anak muda saling merangkul dan dianggap sebagai penggambaran Jerman Timur dan Barat. Tip and Tap mencoba mengirim pesan bahwa keduanya tetap bersatu dan hangat.

Ada pula maskot Fuleco pada gelaran Piala Dunia 2014 di Brazil yang disimbolkan dengan binatang endemik di Brazil tatu-bolaatau three-banded armadillo. Dalam 10 tahun terakhir, tatu-bola mengalami penurunan populasi hingga 30% yang membuatnya masuk ke dalam kategori binatang terancam punah. Dengan memilih Fuleco sebagai maskot Piala Dunia 2014, Brazil berharap agar keberadaan tatu-bola tetap dijaga dengan baik.

Itu dia fakta unik seputar Zabivanka, maskot Piala Dunia 2018 di Rusia yang dapat kamu ketahui. Selain sebagai simbol, maskot juga memiliki pesan dan filosofi tersendiri di dalamnya. Filosofi yang ada juga tak jarang mengandung pengharapan pada pagelaran akbar Piala Dunia.

(azm/detikcom/pojokbandung)

loading...

Feeds

BYD M6 Diperkenalkan di GIIAS Bandung 2024

POJOKBANDUNG.com – Setelah sukses memperkenalkan kendaraan listrik (EV) unggulannya di GIIAS Jakarta dengan total pemesanan mencapai 2.920 unit, serta di …