Kompetisi Para Kandidat di Pilgub Jabar 2018 Masih Ketat

Debat Pilgub Jabar 2018 (Riana Setiawan/Radar Bandung)

Debat Pilgub Jabar 2018 (Riana Setiawan/Radar Bandung)

Ada temuan unik dari survei yang dilakukan Ilma. Mengacu pada debat publik Pilgub Jabar terakhir, responden menilai pasangan Tubagus Hasanuddin-Anton Charliyan paling baik, karena sangat jelas program dan solusinya dalam memimpin Jabar. Dibawahnya mengekor pasangan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi dengan 15,00 persen, Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum (14,13 persen), dan Sudrajat-Ahmad Syaikhu (9,13 persen).

Menurut pakar politik dari Universitas Komputer Indonesia Bandung, Adiana Slamet, penilaian tersebut menunjukkan jika responden adalah sosok pemilih rasional. Pasalnya, mereka melihat program yang ditawarkan kandidat untuk membangun Jabar, tidak terpaku kepada sosok semata.

“Dan, ini strong voters (pemilih solid). Justru mereka adalah pemilih yang rasional,” imbuh Adiana.

Mengenai pemilih mengambang, Adiana berpendapat, para kandidat mesti melakukan upaya dan langkah-langkah yang tidak monoton guna meraup simpati generasi muda atau milenial yang mendominasi tipe pemilih tersebut.

“Perlu terobosan, bagaimana partai pengusung dan tim sukses memasifkan sosialisasi dan terobosan yang anti mainstream,” tandas Adiana.

(nda)

loading...

Feeds

Penggiat Event Curhat ke Kang Arfi

Penggiat Event Curhat ke Kang Arfi

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG- Konser band kawakan Sheila On 7 sempat direncanakan berlokasi di Kota Bandung pindah ke Kabupaten Bandung. Hal itu menjadi …