POJOKBANDUNG.com, GARUT-Gathering Bank Indonesia Jabar bareng awak media se Jabar (20-21/10)  di Kampung Garut, berlangsung heboh.
Selain dimeriahkan dengan berbagai lomba, gathering  bertajuk ‘One Voice’ itu diisi dengan pelatihan wartawan tentang sistem pembayaran nontunai di Kampung Sampireun, Garut, Jumat (20/10).
Puluhan wartawan dari berbagai media cetak, elektronik dan online mendapat materi pembayaran nontunai dari  Kepala Tim Sistem Pembayaran Non-Tunai KPw BI Jabar Hermawan Novianto selaku nara sumber.
Menurut Hermawan, sesuai peraturan,  uang sebagai alat tukar terbagi menjadi dua, yakni tunai dan nontunai. Regulasi itu menyebutkan uang tunai berbentuk uang kertas dan logam, sedangkan uang nontunai memiliki beragam bentuk seperti giro, ATM,  e-money, cek,  kartu kredit dan mobile money.
“E toll merupakan salah satu bentuk dari e-money atau uang elektronik,” ujar Hermawan kepada media usai pelatihan.
Peserta gathering juga mengadu keberuntungan untuk meraih sejumlah hadiah dalam berbagai lomba air di Talaga Sampureun pada Jumat (20/10). Selanjutnya, peserta menikmati malam keakraban yang dihadiri Kepala BI Jabar Wiwiek Sisto Widayat dan Kepala Grup BI Jabar Ismet Inono. Esoknya, Sabtu (21/10) peserta adu kebolehan dalam lomba mancing ikan di arena pemancingan Balebat, Garut.
Selama lomba berlangsung, pihak panitia yang dikomandoi Manager Humas BI Jabar Yayan Istiandi menyuguhkan hiburan musik bagi peserta gathering. (*/nto)