Deddy Mizwar Minta Unpad Perkuat ‘Link And Match’


Wakil Gubernur Jabar Deddy Mizwar dalam upacara penerimaan mahasiswa baru Unpad

Wakil Gubernur Jabar Deddy Mizwar dalam upacara penerimaan mahasiswa baru Unpad

POJOKBANDUNG.com – Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar berharap, Universitas Padjadjaran (Unpad) dapat memperkuat perannya sebagai ‘agent of economic development’ dan ‘enterpreneural university’.

Dengan demikian, kata Deddy Mizwar, Unpad turut mendongrak daya saing teknologi, produktivitas tenaga kerja, dan inovasi.

Hal itu disampaikan Deddy Mizwar dalam upacara penerimaan mahasiswa baru Unpad di Stadion Jati Padjadjaran Unpad Jatinangor, Senin (21/08/2017). Dalam kesempatan itu, Unpad menerima 5.900 mahasiswa baru tahun ajaran 2017/2018.

Mengenai peran penelitian Unpad, Deddy Mizwar juga mengapresiasi kerja sama Unpad dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, khususnya soal pengembangan plasma nutfah sapi Pasundan, great parent stock ayam Sentul dan itik Tambon.

Sementara itu, lanjut Deddy, untuk mengejar ketertinggalan jumlah pengusaha Indonesia agar mencapai 4% dari jumlah penduduknya. Deddy juga mendorong Unpad lebih fokus pada hilirisasi hasil riset dan inovasi dosen dan mahasiswa.

Baca Juga:

Wow! Mahasiswa Unpad Ini Jadi Ayah Angkat Harimau Benggala

Pengamat Unpad: Perppu Ormas Anti-Pancasila Berpotensi Digugat ke Pengadilan

Ngeri! Peneliti Unpad Sebut Paham Teroris Masuk Sekolah  

Yang terpenting, kata Deddy, yaitu memperkuat ‘link and match’ antara kompetensi lulusan dengan kebutuhan dunia kerja dan dunia industri, serta tuntutan zaman pada program-program studi vokasional, sehingga tercipta para teknopreneur muda yang dapat bersaing secara global.

“Juga penting, menghadirkan anak muda yang memiliki kemandirian untuk meninggalkan mind set ‘job seeker’ menjadi ‘job creator,” katanya.

Terlebih lagi, sambung Deddy, antara Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Unpad, sudah terjalin kerja sama penyelenggaraan Program Studi di Luar Kampus Utama yang berlokasi di Kabupaten Pangandaran, sebagai bagian dari komitmen untuk memberikan akses terhadap pendidikan tinggi yang memadai bagi putra-putri Jawa Barat.

“Hari ini merupakan momentum yang sangat membahagiakan tentunya, tidak saja bagi civitas akademika Unpad, tetapi juga bagi Pemprov Jabar, karena hari ini anak- anak kita, generasi penerus masa depan bangsa telah resmi menjadi mahasiswa baru Tahun Akademik 2017/2018 Unpad,” imbuhnya.

Rektor Universitas Padjadjaran, Prof. Dr. med. Tri Hanggono Achmad, berterima kasih kepada masyarakat atas kepercayaannya menitipkan anak-anak daerahnya ke Unpad.

“Semoga anak-anak Unpad baru akan menjadi insan abdi masyarakat, pembina nusa bangsa,” harapnya.

(mun)

loading...

Feeds