31.049 Jiwa Warga Kota Cimahi Tercatat Menganggur

Ilustrasi Pencari Kerja

Ilustrasi Pencari Kerja

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Jumlah penduduk yang terus bertambah berpotensi ‎menambah jumlah pengangguran di Kota Cimahi.

Data dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Cimahi mengungkap, saat ini jumlah penduduk di Kota Cimahi mencapai angka 583.079 jiwa dengan jumlah pengangguran sebesar 5,23% dari jumlah penduduk atau sebanyak sekitar 31.049 jiwa.

BACA JUGA:

Ekonomi Melambat, Angka Pengangguran di Cimahi Bisa Membengkak

Atasi Pengangguran, Disnakertrans Kota Bandung Luncurkan BIMA

Salah satu tantangan besar yang dihadapi Pemkot adalah mengatasi tak berimbangnya jumlah angkatan kerja yang dihasilkan berbagai lembaga pendidikan setiap tahunnya.

Selain itu, minimnya kompetensi para calon pencari kerja. Sehingga tidak dapat memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan oleh perusahaan selaku penyedia lapangan kerja.

Kurangi Pengangguran, STP NHI Gelar Bursa Kerja

“Tentunya ini menjadi tugas kita. Makanya pemerintah melakukan ‎kerjasama dengan beberapa perusahaan untuk penyiapan tenaga kerja yang kompeten,” kata Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kota Cimahi, Mariana Fitria.

‎Fitri mengatakan, banyaknya penganggur di Cimahi, salah satunya disebabkan laju pertumbuhan penduduk, skill pencari kerja yang belum sesuai kebutuhan pasar kerja dan terbatasnya lapangan kerja serta beberapa perusahaan lock out dan kurangnya informasi pasar kerja.

“Upaya kami saat ini adalah mempersiapkan Sumber Daya Alam (SDM) terlatih. Nantinya akan menjadi tenaga kerja siap pakai. Mereka (calon pekerja) nantinya akan memiliki sertifikat sehingga diakui oleh perusahaan karena telah mengikuti berbagai pelatihan kerja dengan perusahaan yang telah bekerjasama dengan Pemkot Cimahi,” paparnya.

loading...

Feeds

Penggiat Event Curhat ke Kang Arfi

Penggiat Event Curhat ke Kang Arfi

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG- Konser band kawakan Sheila On 7 sempat direncanakan berlokasi di Kota Bandung pindah ke Kabupaten Bandung. Hal itu menjadi …