Ahmadinejad Nyapres Lagi, KPU Iran Terkejut

Ahmadinejad (tengah) saat mendaftar untuk calon presiden Iran. (AP Photo/Ebrahim Noroozi)

Ahmadinejad (tengah) saat mendaftar untuk calon presiden Iran. (AP Photo/Ebrahim Noroozi)

 

POJOKBANDUNG.com – Mahmud Ahmadinejad, mantan presiden Iran, membuat KPY Iran tertegun, Rabu (12/4/2017).

Mantan Presiden Iran itu mendaftarkan diri sebagai salah satu kandidat presiden dalam pemilu 19 Mei nanti.

Langkah politikus 60 tahun itu tak terduga. Sebab, Ayatollah Ali Khamenei, pemimpin tertinggi Iran, meminta Ahmadinejad tak mencalonkan diri pada September tahun lalu.

Perintah Khamenei biasanya tak pernah ditentang para petinggi Iran.

Saat itu Ahmadinejad memang berencana mencalonkan diri untuk menantang petahana Presiden Iran Hassan Rouhani.

Menurut Khamenei, jika Ahmadinejad mencalonkan diri, penduduk akan terpolarisasi dalam dua kutub yang terpisah. Rouhani dan Ahmadinejad memiliki pandangan berbeda.

Rouhani lebih moderat dan mau berkompromi. Dia berhasil mencapai kesepakatan soal pengayaan dan teknologi nuklir pada 2015 yang berujung pada pencabutan sanksi ekonomi terhadap Iran.

Sebaliknya, Ahmadinejad cenderung keras dan menentang negara-negara Barat. Sebulan setelah pernyataan Khamenei, Ahmadinejad menuturkan bahwa dirinya bakal menurut.

Namun, kemarin Ahmadinejad menunjukkan sikap yang berbeda. Saat ditanya jurnalis setelah mendaftarkan diri, Ahmadinejad menampik bahwa dirinya kini menentang Khamenei.

Menurut dia, pernyataan Khamenei adalah saran, bukan sebuah larangan.

’’Saya ulangi bahwa saya berkomitmen terhadap janji moral saya untuk tidak mengikuti pemilihan presiden dan kehadiran serta pendaftaran saya hanya untuk mendukung Baghaei,’’ ujarnya.

loading...

Feeds

BPJAMSOSTEK Tasikmalaya Gelar Employee Volunteering

POJOKBANDUNG.com, TASIKMALAYA – BPJS Ketenagakerjaan Cabang Tasikmalaya melaksanakan kegiatan Employee Volunteering bersih-bersih sampah Bersama Bank Sampah Belebet dalam rangka World …