Jembatan Gantung Penghubung Garut – Cianjur Resmi Beroperasi

Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar meninjau lokasi Rawayan atau jembatan gantung penghubung Kabupaten Garut dan Kabupaten Cianjur

Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar meninjau lokasi Rawayan atau jembatan gantung penghubung Kabupaten Garut dan Kabupaten Cianjur

 

POJOKBANDUNG.com – Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar meninjau lokasi Rawayan atau jembatan gantung penghubung Kabupaten Garut dan Kabupaten Cianjur di atas Sungai Cilaki Kampung Cipamalayan, Desa Cikarang, Kecamatan Cisewu, Kabupaten Garut, Senin (27/3/17).

Jembatan ini menghubungkan dua kampung, yaitu Kampung Cipamalayan, Desa Cikarang, Kecamatan Cisewu, Kabupaten Garut dengan Kampung Ciseureuh, Desa Cimaragang, Kecamatan Cidaun, Kabupaten Cianjur.

Jembatan tersebut sumbangsih Vertival Rescue Indonesia untuk program 1.000 jembatan di Indonesia. Dengan panjang mencapai 100 meter, jembatan gantung tersebut menjadi jembatan yang ke-19 dibuat. Rencananya, empat lagi akan dibangun di atas Sungai Cilaki.

“Ini kerja keras luar biasa dari tim Vertical Rescue Indonesia. Bahu membahu dengan masyarakat disini,” kata Deddy.

Ia berharap, jembatan akan membantu akses kegiatan masyarakat kedua kampung yang terpisahkan Sungai Cilaki, terutama mempermudah akses anak-anak sekolah dan memperlancar pasokan pangan.

Ia pun sempat menyebrangi jembatan yang konstruksinya terbuat dari bambu, besi, serta kabel baja. Ia juga berharap, warga kedua desa bisa memelihara jembatan.

“Konsep jembatan ini bahu-membahu dengan masyarakat setempat, supaya apa? Supaya bapak/ibu di sini bisa merawat ini. Sekarang kenapa jembatan ini dipakai bambu? Sebab disini banyak bambu. Jadi kalau bambunya itu rusak tinggal diganti, jadi bisa bertahan lama. Insya Allah,” harapnya, kepada warga yang hadir dalam peresmian jembatan.

Dalam program pembangunan 1.000 jembatan, Vertical Rescue Indonesia menargetkan bisa membangun 1.000 jembatan di seluruh Indonesia. Jumlah tersebut akan bertambah karena Pemprov Jawa Barat tahun ini akan membangun sebanyak lebih kurang 600 jembatan.

“Seribu jembatan dari Vertival Rescue, bisa setahun atau dua tahun. Yang penting mereka bisa membangun jembatan ini dan ini dana dari pemerintah, masyarakat, dan sebagainya,” tutur Deddy.

(*)

loading...

Feeds

BPJAMSOSTEK Tasikmalaya Gelar Employee Volunteering

POJOKBANDUNG.com, TASIKMALAYA – BPJS Ketenagakerjaan Cabang Tasikmalaya melaksanakan kegiatan Employee Volunteering bersih-bersih sampah Bersama Bank Sampah Belebet dalam rangka World …