Naskah Ujian Nasional Sudah di Provinsi

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKBANDUNG.com– Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memastikan pendistribusian naskah ujian nasional (UN) berjalan sesuai jadwal. Saat ini naskah sudah tiba di tingkat provinsi. Berikutnya tinggal mendistribusikan ke kabupaten/kota dan terakhir di rayon-rayon.


Kepala Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) Kemendikbud Nizam menjelaskan, dari pemantauan di lapangan, proses pendistribusian sudah sampai ibu kota provinsi. Dengan kondisi ini, dia optimistis pendistribuskan naskah UN tidak mengalami keterlambatan. “Ujian nasional digelar sebulan lagi. Kami optimistis tepat waktu,” jelasnya.

Sesuai skenario, tambah dia, naskah UN dikumpulkan dahulu di tingkat provinsi. Kemudian setelah dilakukan pengisian berkas acara, naskah bisa langsung didistribusikan ke tingkat kabupaten/kota. Dan terakhir adalah pendistribusian di tingkat rayon.

Guru besar UGM itu menjelaskan, meskipun jumlah sekolah pelaksana UN berbasis kertas menurun, tidak banyak perbedaan dalam alur pendistribusian naskah ujian. Seperti diwartakan, saat ini jumlah sekolah yang masih menggunakan UN berbasis kertas tinggal 70 persen dari total populasi. Sedangkan sisanya sebanyak 20 persen sekolah beralih ke ujian berbasis komputer.

Terkait pelaksanaan UN berbasis komputer (UNBK), Nizam mengatakan sudah berupaya memperbaiki masalah yang ditemukan selama masa uji coba atau simulasi. Komunikasi di antaranya dilakukan kepada sekolah yang baru tahun ini menjalankan UNBK. Sebab, rata-rata masalah yang muncul saat simulasi terjadi pada sekolah yang baru menjalankan UNBK tahun ini. “Biasanya karena proktornya baru,” jelasnya.

Untuk mengatasi masalah itu, sedang disiapkan pusat bantuan (help desk) di setiap kabupaten/kota. Tugas tim pusat bantuan ini adalah untuk mendampingi jika ada proktor yang menemui masalah. Tim pusat bantuan ini berisi proktor-proktor senior dan berpengalaman mengawal UNBK tahun lalu.

Loading...

loading...

Feeds

DPRD Setujui 2 Raperda Kota Bandung

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bandung resmi menyetujui dua Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Pada Rapat Paripurna …