Pesawat Jatuh di Pemukiman Padat Penduduk, Puluhan Tewas

Sebuah pesawat kargo milik Turki jatuh di Kirgistan dan menewaskan sedikitnya 32 orang. Foto: Reuters

Sebuah pesawat kargo milik Turki jatuh di Kirgistan dan menewaskan sedikitnya 32 orang. Foto: Reuters

POJOKBANDUNG.com – Pesawat kargo milik Turki jatuh di Kirgistan dan menewaskan sedikitnya 32 orang yang sebagian besar adalah penduduk yang rumahnya tertimpa badan pesawat.

Pesawat jenis Boeing 747 itu menabrak rumah penduduk di dekat Bandara Manas, sekitar 25 km dari utara Ibukota Bishkek, kata pejabat Kyrgyzstan. Setidaknya 15 bangunan hancur dan sejumlah anak-anak dilaporkan di antara mereka yang tewas.

Berangkat dari Hong Kong, pesawat TK6491 tersebut tengah melakukan perjalanan transit ke Manas. Adapun tujuan utamanya ke bandar udara Istanbul, Turki.

Sebuah pesawat kargo milik Turki jatuh di Kirgistan. Foto: Reuters

Sebuah pesawat kargo milik Turki jatuh di Kirgistan. Foto: Reuters

Belum diketahui penyebab utama jatuhnya pesawat, tetapi diduga akibat jarak pandang yang terbatas lantaran kabut tebal.

Pesawat kargo itu milik perusahaan Turki ACT , yang terbang dengan nama MyCargo. Tetapi pemerintah Kyrgyzstan mengatakan penerbangan itu atas nama Turkish Airlines.

Pesawat itu jatuh sekitar pukul 07:30 waktu setempat di desa Dacha-Suu, sebuah lokasi favorit untuk liburan.

Sejumlah laporan menyebutkan pesawat itu diyakini berusia sekitar 14 tahun. Beberapa foto terkait jatuhnya pesawat itu, yang diunggah di media sosial oleh masyarakat, memperlihatkan asap mengepul dari puing-puing bangunan yang hancur.

pesawat jatuh3

Ada laporan yang menyebut salah-seorang anggota awak pesawat yang selamat. Ada setidaknya empat orang di dalamnya, kata para pejabat. Sejumlah orang telah terluka akibat insiden itu telah dibawa ke rumah sakit terdekat.

Juru bicara badan SAR negara itu, Muhammad Svarov, kepada Kantor berita AFP bahwa korban tewas. Kemungkinan besar akan terus bertambah dan pihaknya tengah melakukan pencarian korban jatuhnya pesawat tersebut.

Akibat insiden ini, Bandar udara Manas, yang bandara internasional utama di negara itu, ditutup untuk sementara. Perdana Menteri Kyrgyzstan, Sooronbai Jeenbekov dilaporkan telah berada di lokasi kejadian.

Pada tahun 2008, sebuah pesawat penumpang dengan tujuan Iran jatuh sesaat setelah lepas landas dari bandara Manas, dan telah menewaskan 68 orang. (bbc/ca/pojokbandung)

loading...

Feeds

Penggiat Event Curhat ke Kang Arfi

Penggiat Event Curhat ke Kang Arfi

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG- Konser band kawakan Sheila On 7 sempat direncanakan berlokasi di Kota Bandung pindah ke Kabupaten Bandung. Hal itu menjadi …