Pangdam III/Siliwangi Silaturahmi dengan Komponen Masyarakat Se-Bandung dan Cimahi

 


POJOKBANDUNG.com, BANDUNG– Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI M Herindra menggelar silaturahmi bersama komponen masyarakat Toga, Tomas, Todat, Budayawan, Akademisi, Ormas dan Tokoh Pemuda Se-Wilayah Bandung dan Cimahi di Gedung Graha Tirta Kota Bandung, Rabu (9/11).

Menyambung silaturahmi merupakan keharusan sosial yang akan mampu menjadi jalan sekaligus perekat bagi terbentuknya persaudaraan umat beragama, persaudaraan bangsa dan persaudaraan umat manusia.

Ditegaskan Pangdam silaturahmi ini telah sesuai dengan budaya dan warisan pendahulu bangsa, sesama masyarakat bisa saling mengetahui posisi, fungsi dan peran masing – masing khususnya antara Kodam III/Siliwangi dengan para tokoh dan seluruh komponen bangsa lainnya.

Pangdam III/Siliwangi juga menjelaskan secara singkat peranan komponen bangsa dalam memantapkan wawasan kebangsaan guna mendukung pembangunan dan pertahanan di wilayah Kodam III/Siliwangi.

Pangdam menuturkan, rakyat Jabar adalah Siliwangi dan Siliwangi adalah Rakyat Jabar Oleh karena itu, sebagai komponen bangsa harus mampu menjaga dan memelihara integritas wilayah Jabar agar senantiasa tetap dalam keadaan kondisi kondusif, aman, tentram sehingga terciptanya stabilitas nasional di daerah.

Dewasa ini negara sedang mengalami permasalahan yang sangat serius yaitu berupa ancaman terhadap persatuan dan kesatuan bangsa yang diakibatkan beberapa hal diantaranya, rendahnya wawasan kebangsaan. Jika kondisi ini tidak segera ditanggapi dan diantisipasi maka bukan tidak mungkin NKRI akan mendapat masalah yang sangat besar untuk itu komunikasi harus tetap dijaga dan forum komunikasi harus menjadi forum tukar informasi, menyamakan persepsi dalam pola pikir, cara pandang dan cara bertindak dalam mengatasi keamanan, kebangsaan dan kenegaraan yang menjadi tanggung jawab seluruh komponen bangsa.

“Kondisi wawasan kebangsaan yang dihadapi saat ini cenderung memudar atau memprihatinkan, ikatan-ikatan nilai kebangsaan yang berhasil mempersatukan Bangsa sudah mulai luntur dan longgar, untuk itu pemahaman dan penghayatan terhadap Wawasan Kebangsaan perlu disegarkan kembali,” tegas Pangdam.

Sejak lama banyak negara asing yang menginginkan kehancuran dan bubarnya NKRI yang kita cintai ini, segala cara dilakukan untuk mencapai hal tersebut diantaranya dengan penyusupan faham ISIS, Teroris dan Narkoba juga dengan mengadu domba sesama anak bangsa dengan memanfaatkan pertentangan Suku, Ras dan Agama.

Pada sesi tanya jawab Kesiapan TNI bila ada ancaman komunis Kodam III/Siliwangi akan menjadi garda paling depan untuk membrantas teroris, tidak ada ruang sekecil apapun bagi teroris di wilayah Jawa Barat.

Akhirnya Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI M Herindra mengajak seluruh Toga, Tomas, Todat, Tokoh Pemuda dan Ormas serta seluruh komponen maayarakat lainnya untuk menjaga kondusivitas situasi keamanan di wilayah Jabar yang selama ini telah terjaga dengan baik, tetap jaga komunikasi antar sesama dan utamakan musyawarah untuk menjaga persatuan, keamanan dan keutuhan NKRI.

Hadir pada kegiatan ini, Kasdam III/Slw Brigjen TNI YP Sembiring, Kasgartap- II Bdg Marsekal Madya Sun Sudarta, Ibu Once Djundjunan, Irdam III/Slw, Para Staf Ahli Pangdam, Para Asisten dan Para Kabalakdam III/Slw serta tamu undangan lainnya.

(Pendam III/Siliwangi)

Loading...

loading...

Feeds

DPRD Setujui 2 Raperda Kota Bandung

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bandung resmi menyetujui dua Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Pada Rapat Paripurna …