Telkom dan Kementerian Koperasi & UKM Synergy Bangun Kampung UKM Digital-PLUT

BANTEN – Telkom sebagai salah satu BUMN Indonesia berperan sebagai agent of development bagi Indonesia. Ini artinya bahwa Telkom punya kewajiban untuk ikut serta dalam setiap upaya memajukan Indonesia, khususnya UMKM.

Sudah sama-sama mahfum bahwa UMKM kita memiliki tiga masalah utama, yaitu : akses permodalan, akses pasar, dan akses kompetensi. Berkenaan dengan tiga masalah utama tersebut, bersama dengan Kementerian Koperasi dan UKM, Telkom hadir dan melakukan synergy Program “Kampung UKM Digital-PLUT”, yang telah dicanangkan melalui MoU yang ditandatangani pada tanggal 25 Mei 2016 di Yogyakarta.

Melalui Synergy Program Kampung UKM Digital-PLUT, Telkom bersama kementerian Koperasi dan UKM mendorong para UMKM untuk memanfaatkan teknologi informasi secara komprehensif dan integratif serta mengadopsi pemanfaatan aspek digital dalam aktivitas sehari-harinya dalam rangka mewujudkan UKM yang “Maju-Mandiri-Modern”.

Saat ini jumlah Kampung UKM Digital yang telah dibangun oleh Telkom telah mencapai angka 509 lokasi dengan harapan bisa terimplementasi 1.000 lokasi di akhir tahun 2016, sebagaimana telah dicanangkan oleh Direktur Enterprise & Business Service Telkom pada tanggal 19 Agustus 2016 lalu di Kabupaten Lebak, Banten. Dan synergy dengan PLUT KUMKM akan sangat membantu mewujudkannya, dimana saat ini Kementerian Koperasi dan UKM telah memiliki 49 lokasi PLUT di seluruh Indonesia.

Kampung UKM Digital-PLUT Cianjur ini merupakan synergy program ke-3, setelah sebelumnya dilakukan synergy untuk lokasi PLUT Banjarbaru dan PLUT Sukabumi. Dan khusus untuk Kampung UKM Digital-PLUT Cianjur, didalamnya terdapat tiga komunitas UKM yang saat ini diresmikan, yaitu : UKM Tanaman Hias, UKM Lampu Gentur dan UKM Manisan Cianjur.

Dalam setiap implementasi Kampung UKM Digital, Telkom mendukung penyediaan sarana berupa : Akses Internet Broadband melalui Wifi dan jaringan serat optik, sebagai sarana utama Bagi UKM untuk Goes Digital. Broadband Learning Center (BLC) sebagai wadah pembelajaran bagi UKM. Penyediaan aplikasi dan konten pendukung produktivitas UKM. Sarana marketplace dan toko online bagi UKM. Prioritas penyaluran bantuan dana kemitraan Telkom bagi UKM yang telah tergabung sebagai member Kampung UKM Digital. Kegiatan pelatihan dan sosialisasi terkait pemanfaatan teknologi informasi. Akhir kata, harapan Telkom dengan adanya program Kampung UKM Digital ini, yaitu : Meningkatnya kompetensi UKM dalam teknologi informasi. Adanya wadah Komunitas/volunteer UKM. Pemanfaatan teknologi informasi di dalam setiap kegiatan UKM. Terjadinya sharing knowledge melalui pemanfaatan BLC antar sesama UKM. Terjadinya peningkatan produktivitas bagi UKM baik dari sisi penguasaan teknologi informasi maupun peningkatan sales dan pendapatannya. (agp)

loading...

Feeds

Penggiat Event Curhat ke Kang Arfi

Penggiat Event Curhat ke Kang Arfi

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG- Konser band kawakan Sheila On 7 sempat direncanakan berlokasi di Kota Bandung pindah ke Kabupaten Bandung. Hal itu menjadi …