MU Tersingkir, Madrid Pesta 8 Gol

 


POJOKBANDUNG.com,Wolfsburg-Manchester United (MU) benar benar menderita tahun ini. Setelah tertatih tatih di liga Premier Inggris nasib tim asuhan Louis van Gaal itu lebih buruk lagi. MU tersingkir di Liga Champions setelah dikalahkan tuan rumah VfL Wolfsburg 3-2 Rabu (9/12/2015) dinihari tadi.

Dengan kemenangan tersebut, Wolfsburg memuncaki klasemen Grup B dengan nilai 12, sementara MU berada di posisi ketiga dengan nilai 8. Posisi ‘Setan Merah’ dilangkahi oleh PSV Eindhoven (mengoleksi poin 10) yang pada saat bersamaan menang 2-1 atas CSKA Moskow. Dengan demikian, MU harus melanjutkan perjalanan mereka di Liga Europa.

Awalnya MU sempat unggul 1-0 lewat gol Anthony Martial, sebelum Wolfsburg membalikkan kedudukan lewat gol-gol Naldo dan Vieirinha. Gol bunuh diri Guilavogui sempat memberikan napas untuk United, namun gol Naldo tak lama setelahnya benar-benar membuat The Red Devils habis.

Jalannya Pertandingan
Duel yang berlangsung di Volkswagen Arena itu Wolfsburg tampil rapat sehingga menyulitkan MU membangun serangan dari tengah. Sebaliknya, Wolfsburg justru mendapatkan peluang bagus lebih dulu. Ketika pertandingan baru berjalan tiga menit, Andre Schuerrle lepas dari kawalan bek ‘Setan Merah’. Pemain depan internasional Jerman itu melepaskan sepakan voli dari jarak dekat. Namun, sepakannya masih melambung.

MU akhirnya unggul ketika pertandingan memasuki menit ke-10. Umpan terobosan Juan Mata dari tengah diterima oleh Anthony Martial, yang langsung masuk ke dalam kotak penalti dan menaklukkan Diego Benaglio dengan sepakan kaki kanannya.

Namun, keunggulan MU hanya bertahan tiga menit. Berawal dari tendangan bebas yang dieksekusi oleh Ricardo Rodriguez, bola disambar oleh Naldo di dalam kotak penalti. Skor pun berubah menjadi 1-1. Peluang terbaik berikutnya dari MU didapatkan oleh Marouane Fellaini pada menit ke-27. Gelandang asal Belgia itu menyambut sebuah sepak pojok dengan tandukan dari jarak dekat. Namun, tandukannya masih bisa diblok Benaglio.

Tapi, justru Wolfsburg yang kemudian berbalik unggul. Pada menit ke-29, Julian Draxler melakukan tusukan dari sisi kanan dan melakukan operan satu-dua. Ia kemudian menerobos masuk ke dalam kotak penalti United dan memberikan operan pendek kepada Vieirinha, yang langsung menceploskan bola ke dalam gawang tim tamu.

Pada menit ke-36, Schuerrle lagi-lagi lolos dari penjagaan bek MU. Akibat posisi Guillermo Varela, yang kerap berdiri terlalu dalam, Schuerrle sering mendapatkan ruang. Beruntung bagi United, umpan Schuerrle dari dalam kotak penalti masih bisa diblok.

Gawang MU kembali terancam pada menit ke-39. Dari sebuah serangan balik, Draxler mengecoh beberapa pemain United di dalam kotak penalti sebelum akhirnya melepaskan sepakan. Namun, De Gea masih bisa memblok tendangan gelandang bernomor 10 itu.

Pada menit ke-44, MU bisa membobol gawang Wolfsburg lewat sepakan Jesse Lingard dari luar kotak penalti. Sial buat mereka, Juan Mata –yang berada di arah sepakan tersebut– ada dalam posisi offside. Imbasnya, gol Lingard pun dianulir dan United tak jadi menyamakan skor.

Di awal-awal babak kedua, MU sempat mendapatkan peluang emas lewat Memphis Depay. Berawal dari serangan dari sisi kanan, bola lambung langsung disambar gelandang asal Belanda itu dengan tendangan salto. Tetapi, sepakannya masih bisa ditepis Benaglio.

De Gea sempat melakukan blunder pada menit ke-63 ketika maju meninggalkan gawangnya untuk menghentikan Schuerrle. Namun, Schuerrle berhasil menghindarinya dan langsung melepaskan sepakan lob. De Gea, yang bergegas kembali ke gawangnya, kemudian melompat dan menghalau sepakan lob Schuerrle.

Setelahnya, De Gea dua kali menyelamatkan gawangnya dari serbuan Wolfsburg. Pertama ketika bola sapuan Lingard –yang berniat mengganggu Schuerrle– mengarah ke gawangnya dan kedua ketika Max Arnold melepaskan sepakan keras dari luar kotak penalti.

Dari lini serang MU, mereka masih kesulitan untuk menciptakan peluang bersih. Pada menit ke-72 tim besutan Louis van Gaal itu mendapatkan tendangan bebas tepat di depan kotak penalti Wolfsburg, tetapi sepakan Memphis lewat tendangan bebas itu melebar.

MU mendapatkan tali penyelamat pada menit ke-81. Berawal dari sebuah sepak pojok dari sisi kanan pertahanan Wolfsburg, bola disundul oleh Fellaini. Bola kemudian melambung setelah mengenai kepala Josuha Guilavogui dan skor pun berubah menjadi 2-2.

Tapi, MU tidak bisa memanfaatkan tali penyelamat yang diberikan kepada mereka. Dua menit kemudian, gawang mereka bobol lagi setelah sundulan Naldo –menyusul sebuah tendangan sudut– gagal dihalau oleh pemain-pemain mereka.

Real Madrid Pesta Gol

Sementara di group A, Real Madrid pesta gol dengan melumat Malmo FF 8-0. Empat gol di antaranya dibuat sang mega bintang Cristiano Ronaldo. Laga yang dihelat di Santiago Bernabeu, Rabu (9/12) dinihari WIB, Madrid sudah unggul 3-0 di babak pertama berkat gol-gol Karim Benzema (dua gol) dan Ronaldo.

Pada babak kedua, Ronaldo mencetak hat-trick dalam tempo 11 menit yang disusul Mateo Kovacic dan gol penutup dari trigol Benzema. Tambahan tiga poin ini membuat posisi Madrid kokoh di urutan pertama dengan 16 poin. Sementara Malmo di posisi terbawah grup A dengan tiga poin.

Jalannya Pertandingan
Madrid menurunkan sejumlah pemain pelapis di mana Kiko Casilla mengawal mistar Madrid, lalu ada Mateo Kovacic, Nacho Fernandez, dan Isco. Namun di lini depan, Ronaldo dan Benzema, tetap dimainkan minus Gareth Bale.

Pada menit ke-12, Benzema membawa Madrid memimpin 1-0. Berawal dari sepakan Isco yang dihadang bek lawan di garis gawang, bola rebound langsung disambar Benzema untuk diubah jadi gol. Ronaldo mengawali gol pertama setelah umpan dari sisi kiri dimanfaatkan oleh Isco. Benzema mencetak gol keduanya pada menit ke-24 usai menuntaskan umpan tarik Ronaldo dengan tandukannya yang menjebol jala Malmo.

Setelah mengarsiteki dua gol pertama Madrid, Ronaldo sendiri yang mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-39. Free kick Ronaldo dari depan kotak penalti tak bisa dihadang kiper Malmo Johan Wiland.

3-0 bertahan hingga turun minum

Dua menit selepas restart, Madrid langsung mencetak gol keempatnya. Berawal dari usaha Danilo merebut bola dari pemain Malmo, bek asal Brasil itu lantas menyepaknya ke arah gawang. Wilmand masih bisa menepis tapi dia tidak bisa menghalau bola rebound yang disambut kaki Ronaldo.

Hanya berselang tiga menit, tepatnya pada menit ke-50, Ronaldo melengkapi hat-trick usai solo runnnya sukses menaklukkan pertahanan Malmo dan melepaskan sepakan datar melewati hadangan Wilmand.

Ronaldo! Pemain Portugal itu kembali mencatatkan namanya di papan skor untuk keempat kalinya, sekaligus bawa Madrid memimpin 6-0 pada menit ke-59, lewat sepakan terukur meneruskan umpan tarik Isco.

Madrid belum berhenti mencetak gol karena pada menit ke-71, Mateo Kovacic mencetak gol ketujuh timnya. Kemelut di depan gawang Malmo usai Wilmand menepis tendangan salah satu pemain Madrid memudahkan Kovacic menyontek bola liar ke dalam gawang.

Benzema mencetak hat-trick pada menit ke-74 sekaligus membawa Madrid kini memimpin 8-0! Isco meliuk-liuk melewati hadangan beberapa pemain Malmo sebelum memberikan umpan matang yang dituntaskan dengan sempurna oleh kaki kanan Benzema.

Denis Cheryshev nyaris mencetak gol kesembilan Madrid andaikan tembakannya di menit ke-88 tak menghantam tiang gawang. Hingga peluit panjang wasit berbunyi, skor 8-0 tetap bertahan untuk kemenangan Madrid.(dc/tim/pb)

Ini Hasil Lengkap Liga Champions, 9 Desember Rabu Dinihari

Group A
Paris Saint Germain vs Shakhtar Donetsk, 2-0
Real vs Malmoe FF, Madrid 8-0

Group B
Eindhoven vs CSKA Moscow, 2-1
Wolfsburg vs Manchester United, 3-2

Group C
Benfica vs Atletico Madrid, 1-2
Galatasaray vs FC Astana, 1-1

Group D
Manchester City vs Borussia Moenchengladbach, 4-2
Sevilla vs Juventus, 1-0

Loading...

loading...

Feeds

DPRD Setujui 2 Raperda Kota Bandung

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bandung resmi menyetujui dua Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Pada Rapat Paripurna …