Bantu Gapoktan Katata, BI Jabar Serahkan Ini

Penyerahan bantuan BI jabar kepada Gapoktan Katata.

Penyerahan bantuan BI jabar kepada Gapoktan Katata.

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Jawa Barat kembali menyerahkan bantuan kepada Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan). Bantuan ini diserahkan melalui Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) kepada Gapoktan Katata di Kampung Cinangsi, Desa Pulo Sari Kecamatan Pengalengan, Kabupaten Bandung, Senin (17/4) kemarin.

Bantuan yang diberikan berupa kontainer sayuran sebanyak 400 pcs senilai Rp 30 juta. Penyerahan bantuan dilakukan oleh Kepala Grup Advisory dan Pengembangan Ekonomi BI Jabar, Ismet Inono kepada Ketua Gapoktan Katana, Mochamad Sofyan disaksikan anggotanya.
“Bantuan ini merupakan PSBI tematik untuk mendukung pengembangan klaster sayuran bernilai tinggi melalui penyediaan sarana pendukung produksi hasil pertanian,” ujar Ismet di sela-sela kegiatan penyerahan bantuan.

Sebelumnya, menurut Ismet, Gapoktan ini mendapatkan bantuan PSBI di 2016 berupa handtractor, rainsheltor senilai Rp 50 juta.

“Dengan bantuan itu pengolahan tanah yang semula memakan waktu 5 jam/100m2 cukup hanya dengan waktu 1 jam,” jelas Ismet didampingi Manager UMKM BI Jabar Nandang Rudyatna.

Gapoktan Katata merupakan kelompok tani yang menghasilkan sayuran 12 komoditi, diantaranya wortel, buncis, tomat, kentang dan lain-lain.

Menariknya, lanjut Ismet, Gapoktan ini telah memiliki unggulan sendiri berupa varitas wortel sebagai substitusi impor.

“Varitas wortel mereka telah menembus pasar ekspor ke berbagai negara di Asia seperti Malaysia, Singapura dan negara lainnya,” pungkas Ismet. (*/nto)

loading...

Feeds

Penggiat Event Curhat ke Kang Arfi

Penggiat Event Curhat ke Kang Arfi

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG- Konser band kawakan Sheila On 7 sempat direncanakan berlokasi di Kota Bandung pindah ke Kabupaten Bandung. Hal itu menjadi …