Lawan Persegres, Kekuatan Persib Agak Pincang

selebrasi Sergio van Dijk

selebrasi Sergio van Dijk

POJOKBANDUNG.com, PERSIB – Menghadapi Persegres Gresik United, Sabtu (22/10), Persib Bandung dalam keadaan setengah pincang. Pasalnya tiga pemain yang selalu menjadi pilihan utama pelatih Djadjang Nurjaman absen pada laga yang akan berlangsung di stadion Wibawa Mukti, Cikarang Timur, Kab Bekasi.

Masing-masing Sergio Van Dijk yang sedang menjalani sanksi satu pertandingan dari komisi disiplin PT GTS. Kemudian Yanto Basna dan Zulham Zamrun yang terpanggil untuk mengikuti pemusatan latihan tim nasional Indonesia.

Tanpa Sergio, barisan penyerang Persib yang sudah tumpul bisa semakin sulit untuk mencetak gol. Sementara itu lini belakang pun bakal menyisakan celah sebab ditinggalkan Basna. Sebab pada barisan pertahanan Maung Bandung tidak lagi mempunyai bek tengah murni semenjak Purwaka Yudhi mengalami cedera.

Praktis, pada posisi itu akan diisi oleh Diogo Ferreira yang notabene dirinya sebagai gelandang bertahan. Dipasang beberapa kali sebagai bek tengah, pemain asal Australia itu memberikan penampilan yang sesuai ekpektasi Djadjang Nurjaman.

“Persiapan sedikit terganggu karena absennya beberapa pemain. Namun itu bukan masalah yang besar bagi kami, kami punya pemain yang sama secara kualitas,” ucap kapten tim Persib, Atep.

Absennya Sergio, dan Zulham Zamrun yang selalu diandalkan untuk menggedor pertahan lawan disikapi Atep adalah suatu keuntungan tersendiri. Pasalnya serangan Persib akan lebih bervariatif.

“Kalau saya melihat penyerangan akan lebih bervariatif lagi, karena hampir tidak ada target men, entah Febri, Samsul atau pun saya bebas mengisi posisi mana. Artinya banyak posisi. Kalau menuru saya ini lebih menguntungkan,” kata Atep.

Ditengah ketimpangan yang ada di timnya, pemain asal Cianjur ini masih tetap semangat menatap laga melawan tim besutan Eduard Tjong. Ia pun optimis dapat meraih poin maksimal dari tim Laskar Joko Samudro itu.

“Ini kesempatan kita untuk mengamankan tiga poin walaupun Gresik sudah tampil beda dengan putaran pertama lalu. Tapi kita punya kemauan untuk mempertahankan kemenangan di setiap laga kandang,” tegas pemilik nomor punggung 7 itu.

Sikap optimistis Atep pun didukung dengan cadangan tenaga yang ada pada dirinya. Sebab ayah dua orang putri ini harus absen pada saat laga melawan Mitra Kukar.

Dengan tidak bermain melawan Mitra Kukar, itu merupakan keuntungan buat Atep. “Sedikitnya keuntungan buat saya. Secara tenaga saya lebih fresh dibanding teman-teman lain, artinya ini akan saya tonjolkan pada saat lawan Gresik secara tenaga motivasi juga,” katanya.

Terlepas dari ketimpangan yang ada, Persib sepertinya akan tetap dijagokan memenangkan laga. Betapa tidak, Persib cukup mentereng dengan hasil laga kandangnya. Memainkan 11 laga kandang, Atep cs meraih tujuh kemenangan, empat hasil seri tanpa sekalipun mengalami kekalahan.

Catatan itu sangat kontras dengan torehan laga tandang yang sudah dilakoni. Dari 12 laga, Maung Bandung hanya memenangkan dua laga, dua hasil seri dan delapan kekalahan.

“Anggapan jago kandang buat saya tidak masalah. Daripada kita di kandang tidak menang dan di tandang pun tidak pernah menang, mending di kandang menang walaupun banyak orang yang ngomong jago kandang,”

“Saya pikir kita tetap ingin mengamankan laga kandang kita ini,” pungkasnya. (pra)

loading...

Feeds