Ini Enam Keuntungan Ikut Tax Amnesty

Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan

Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan

BANDUNG – Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan berharap para pengusaha dan perseorangan di Jabar serius mengikuti program tax amnesty yang tengah didorong pemerintah pusat. Menurut Heryawan, dana repatriasi dari program tax amnesty akan sangat membantu percepatan dan kelancaran pembangunan infrastruktur di Jabar.

Heryawan menilai, saat ini pemerintah pusat tengah berhemat dan berhati-hati mengucurkan anggaran ke daerah. “Kita paham pemerintah pusat sedang habis-habisan mencari dana, salah satunya dengan tax amnesty,” kata Heryawan di Soreang, Kabupaten Bandung, Kamis (24/8/2016).

Oleh karena itu, pihaknya kembali mengimbau seluruh masyarakat baik pribadi, perusahaan ataupun mereka yang telah menjadi wajib pajak (WP) untuk segera mengungkap harta kekayaan yang dimiliki atau mendeklarasikan diri melalui amnesti pajak ini. “Karena program ini juga hanya berlaku sampai 31 Maret 2017,” ujarnya.

Menurutnya, ada enam keuntungan yang akan diperoleh oleh WP jika mengikuti Amnesti Pajak, yaitu penghapusan pajak yang seharusnya terutang; tidak dikenai sanksi administrasi dan sanksi pidana; tidak dilakukan pemeriksaan, pemeriksaan bukti permulaan, dan penyidikan; penghentian proses pemeriksaan, pemeriksaan bukti permulaan, atau penyidikan; jaminan rahasia, karena data pengampunan pajak tidak dapat dijadikan dasar penyelidikan dan penyidikan tindak pidana apapun; serta pembebasan pajak penghasilan untuk balik nama harta tambahan.

Heryawan menilai, tax amnesty ini merupakan upaya pemerintah untuk mengajak para pengusaha memperkokoh nasionalismenya dengan cara mengampuni pajak mereka. “Kalau kemarin-kemarin mereka nyimpan uang di luar karena menghindari bayar pajaknya, sekarang masuk lagi ke dalam negeri, gulirkan di Indonesia,” katanya.

Heryawan pun mengatakan, bank BJB bisa menjadi penerima dan penampung uang tax amnesty yang baik. Bahkan, Heryawan menjamin, uang yang tersimpan tersebut aman karena status BJB yang sudah go public dan bank besar yang diakui pemerintah. “Silakan simpan tax amnesty di BJB, berikut tabungannya juga di Bank BJB,” pungkasnya. (agp)

loading...

Feeds

Penggiat Event Curhat ke Kang Arfi

Penggiat Event Curhat ke Kang Arfi

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG- Konser band kawakan Sheila On 7 sempat direncanakan berlokasi di Kota Bandung pindah ke Kabupaten Bandung. Hal itu menjadi …

BYD M6 Diperkenalkan di GIIAS Bandung 2024

POJOKBANDUNG.com – Setelah sukses memperkenalkan kendaraan listrik (EV) unggulannya di GIIAS Jakarta dengan total pemesanan mencapai 2.920 unit, serta di …