Disdukcapil Cimahi Berdayakan Si Cepot

Pertunjukan wayang golek oleh Dadan Sundandar

Pertunjukan wayang golek oleh Dadan Sundandar

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Cimahi menggandeng tokoh wayang Cepot dalam menghimbau warga melengkapi dokumen kependudukan di RW 26 Kelurahan Melong Kec. Cimahi Tengah, Selasa (19/7).

Alasan menggunakan media hiburan sebagai alat penyampai informasi diharapkan bisa lebih mudah diterima masyarakat.

Demikian disampaikan Kepala Disdukcapil Kota Cimahi, Suryadi saat ditemui usai acara.

“Sosialisasi membawa Cepot ini untuk menarik masyarakat. Mudah-mudahan masyarakat terbangun dan memiliki tanggung jawab dalam melengkapi dokumen,” ujarnya.

Dalam acara tersebut masyarakat bisa mengurus seluruh pengurusan dokumen kependudukan secara gratis. Hanya saja, Disduk tidak melayani pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik.

“Acara sosialisasi serupa ditargetkan akan dilaksanakan selama 12 kali selama setahun,” terangnya.

Terkait dokumen kependudukan, Suryadi mengklaim, saat ini hanya 5% dari warga kota Cimahi yang dokumennya tidak lengkap. Beragam faktor yang kerap ditemui diantaranya, akte kelahiran yang keliru, kartu keluarga sudah berubah, termasuk belum punya sama sekali.

“Kami saat ini istilahnya sedang pembersihan untuk masyarakat yang dokumennya tidak lengkap. Karena bisa dikatakan 95% masyarakat sudah punya dokumen,” katanya.

Lebih lanjut ia pun menyoroti pengurusan Kipem yang kerap diabaikan masyarakat pendatang.  Meski angkanya tidak terlalu mencolok karena jumlah pendatang dan yang keluar Cimahi relatif seimbang. Namun, hal tersebut penting untuk pendataan masyarakat dan tidak seharusnya diabaikan.

“Kalau ada warga pendatang yang ingin tinggal sementara di Cimahi harus mengurus identitas, kalau ga mau pindah harus bikin kipem,” imbuhnya.

selain menggunakan medium event, Disduk mengaku tetap memaksimalkan pelayanan menggunakan mobil Keliling (Moling) untuk memudahkan masyarakat.

“Biasanya kami bekerjasama dengan kelurahan. Jika banyak permintaan dari masyarakat, kami biasanya menggunakan moling untuk pelayanan,” pungkasnya. (bbb)

loading...

Feeds

Penggiat Event Curhat ke Kang Arfi

Penggiat Event Curhat ke Kang Arfi

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG- Konser band kawakan Sheila On 7 sempat direncanakan berlokasi di Kota Bandung pindah ke Kabupaten Bandung. Hal itu menjadi …