Presiden Joko Widodo Terima Penghargaan dari Polri

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mendapat anugerah dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) berupa medali kehormatan keamanan dan keselamatan publik Loka Praja Samrakshana. Foto: Dok. Div Humas Polri

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mendapat anugerah dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) berupa medali kehormatan keamanan dan keselamatan publik Loka Praja Samrakshana. Foto: Dok. Div Humas Polri

POJOKBANDUNG.COM, JAKARTA – Sejumlah agenda penting dijalani Presiden Joko Widodo memasuki pekan terakhir masa jabatan sebagai kepala negara.

Salah satunya, Presiden Joko Widodo Senin (14/10/2024) menghadiri Apel Kesiapan Pengamanan Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden 2024.

Dalam apel yang dihadiri Presiden Joko Widodo tersebut digelar di Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, itu, sejumlah pejabat hadir.

Baca Juga : Jokowi Resmikan Dua Rumah Sakit di Nusantara, Jadi Kebutuhan ASN Saat Pindah ke IKN

Mulai dari Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, hingga sejumlah pejabat tinggi lainnya.

Dalam apel tersebut, Jokowi juga menerima Medali Kehormatan Keamanan dan Keselamatan Publik atau Loka Praja Samrakshana serta gelar Warga Kehormatan Korps Brimob.

Lencana disematkan oleh Kapolri.

Baca Juga : Rumah Pensiun Jokowi Berpotensi Jadi Daya Tarik Baru, REI Solo Sebut Harga Tanah Bisa Naik

Selain itu, presiden juga menganugerahkan Tanda Kehormatan Nugraha Sakanti kepada sejumlah satuan di lingkungan Polri seperti Korps Brimob, Bareskrim, Baharkam, Korlantas, Divhubinter, Densus 88, dan Pusdokkes.

Kapolri mengatakan, medali kehormatan tersebut merupakan bentuk penghormatan kepada Presiden Jokowi atas sumbangsihnya terhadap Polri.

’’Karena Presiden Jokowi, Polri bisa bekerja lebih baik dalam memberikan pengabdian untuk masyarakat, bangsa, dan negara,’’ ujar Sigit. Dalam kesempatan itu, Jokowi juga diangkat menjadi warga kehormatan Brimob.

Baca Juga : Pimpin Sidang Kabinet Paripurna Terakhir di IKN, Jokowi Menjamin Transisi Pemerintahan Lancar, Pertumbuhan Ekonomi Kisaran 5 Persen di Dua Periode

Menerima Kunjungan MPR RI

Agenda kedua kepala negara adalah menerima kunjungan pimpinan MPR RI di Istana Merdeka.

Ini merupakan pertemuan pertama antara Jokowi dengan pimpinan MPR RI hasil Pemilu 2024 yang dilantik pada 3 Oktober lalu.

Melalui Ketua MPR Ahmad Muzani, Jokowi menyampaikan harapan agar pelantikan 20 Oktober mendatang berlangsung sukses.

’’Ini adalah sebuah hajat yang akan dihadiri oleh banyak VVIP, baik negara sahabat, ataupun negara-negara tetangga,’’ tutur Muzani usai bertemu Jokowi.

Selain bertemu Jokowi, MPR menggelar safari bertemu Prabowo, Wakil Presiden Ma’ruf Amin, hingga Wapres terpilih Gibran Rakabuming Raka.

Muzani menyatakan, safari tersebut untuk mengundang hadir berbagai pihak dalam pengucapan sumpah presiden dan wakil presiden hasil Pemilihan Umum 2024.

MPR juga mengundang para kandidat capres dan cawapres Pilpres 2024 lalu.

Yakni, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

’’Kami akan minta dengan hormat kedua beliau-beliau untuk bisa hadir pada tanggal 20 Oktober,’’ ujarnya. Para mantan presiden dan para mantan wakil presiden juga tak luput dari pihak yang diundang. (lyn/idr/far/c17/bay/jawa pos)

 

loading...

Feeds