Polres Cimahi Respon Cepat Kebutuhan Air Bersih di Wilayah Desa Ciburuy

BANTUAN : Anggota Polres Cimahi bantu warga berikan air bersih.

BANTUAN : Anggota Polres Cimahi bantu warga berikan air bersih.

POJOKBANDUNG.com, PADALARANG – Dua bulan alami kekeringan, warga Pamuncatan Desa Ciburuy Kabupaten Bandung Barat mendapat bantuan air bersih dari Polres Cimahi.

Kapolsek Padalarang Kompol Darmawan mengatakan, bantuan air bersih diberikan kepada warga RW 10 Desa Ciburuy karena Polisi mendapat laporan dari platform digital Lapor Pak Kapolres Reborn.

“Hari ini dari Polres Cimahi dan Polsek Padalarang merespons krisis air di RW 10 Desa Ciburuy karena warga menyampaikan ke Kapolres Reborn bahwa warga di sini kekurangan air sudah cukup lama. Kami Polsek bersama Sat Sabhara langsung respons memberi bantuan 1 tangki water canon ukuran 6000 liter untuk memenuhi kebutuhan,” jelas Darwan.

Darwan menerangkan aparat kepolisian berusaha ikut menanggulangi krisis air di masyarakat. Pihaknya ikut memetakan dan membantu beberapa daerah rawan kekeringan.

“Di wilayah Padalarang, krisis air ada di wilayah Ciburuy dan Pakuhaji. Mudah-mudahan kita bantu lanjutkan ke tempat-tempat lainnya. Apalagi air sumber kebutuhan terpenting,” tandasnya.

Krisis air bersih melanda warga RW 10 Desa Ciburuy, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB). Selama dua bulan lebih, warga kekurangan air bersih lantaran ketersediaan di sumur mulai terbatas.

Kondisi ini membuat warga harus bergantian mendapatkan sumber air bersih terutama untuk kebutuhan air minum dan memasak. Tak jarang, karena keterbatasan di sumur mereka terpaksa membeli seharga Rp60 ribu untuk 1000 liter.

“Sudah dua bulan ini pasokan air bersih menurun. Kami warga sekitar 45 KK harus bergantian dapat air. Karena terbatas, sebagai warga harus beli,” kata Acep Samsul Rizal, Ketua RT 03 RW 10, Desa Ciburuy, saat ditemui, Rabu 16 Agustus 2023.

Menurutnya, kekeringan tahun ini lebih parah dari tahun-tahun sebelumnya. Lantaran tahun sebelumnya tak pernah terjadi kekeringan di wilayahnya. Acep menjelaskan, wilayahnya tak pernah turun hujan sejak Maret 2023.

“Kalau untuk mandi masih ada. Ini untuk minum dan masak kita sulit,” jelasnya.

Acep mengatakan, karena kondisi tersebut sebagian warga inisiatif melaporkan kekeringan ke Polres Cimahi. Laporan tersebut langsung direspons dengan mengirimkan bantuan air bersih menggunakan Water Cannon berkapasitas 6.000 liter.

“Saya syukur Alhamdulillah terima kasih buat bantuannya. Semoga gak sekali ini saja. Air ini akan disalurkan buat 45 KK. Mudah-mudahan cukup untuk 3-4 hari,” ujarnya.

(gat)

loading...

Feeds

Penggiat Event Curhat ke Kang Arfi

Penggiat Event Curhat ke Kang Arfi

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG- Konser band kawakan Sheila On 7 sempat direncanakan berlokasi di Kota Bandung pindah ke Kabupaten Bandung. Hal itu menjadi …