FK-LPPM Unjani-PDGI KBB Gelar Webinar Nasional Simplicity Updates With Unjani

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Cabang Kabupaten Bandung Barat bekerja sama dengan FK-LPPM Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani) menggelar webinar nasional ‘Simplicity Updates with Unjani’, belum lama ini.

Acara mengangkat tema besar mengenai Kegawatdaruratan Medis dalam Bidang Kedokteran Gigi serta Upaya Pencegahan Covid-19 bagi Dokter Gigi.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pelaksanaan kegiatan tahun ini dikemas dalam seminar online atau webinar, yang bekerja sama dengan Universitas Jenderal Ahmad Yani.

Acara yang diberi nama Simplicity Updates with Unjani ini mengangkan tema besar mengenai Kegawatdaruratan Medis dalam Bidang Kedokteran Gigi, serta Upaya Pencegahan Covid-19 bagi Dokter Gigi.

Dibuka oleh Rektor Universitas Jenderal Ahmad Yani, Prof. Hikmahanto Juwana, SH., LL.M, Ph.D, beliau berharap agar webinar ini dapat memberi manfaat dan memberi pengetahuan bagi dokter gigi, khususnya dalam masa pandemi ini.

Ketua panitia acara, drg. Rita Rositta Laila dalam sambutannya, juga melaporkan bahwa webinar Simplicity tahun ini diikuti oleh 245 orang peserta, serta dihadiri oleh tamu undangan yang terdiri dari Ketua PDGI berbagai wilayah di Bandung Raya.

Sesi pertama seminar ini diisi dengan materi bertema Kegawatdaruratan Medis dengan narasumber Alexander Siagian, dr., Sp. An., M. Kes dan Florence Meliawati, drg., Sp. BM., M. Kes yang merupakan staf dosen di Fakultas Kedokteran Universitas Jenderal Ahmad Yani.

Dalam materi yang dibawakan oleh Alexander Siagian, dr., Sp. An., M. Kes., peserta disuguhkan live demo mengenai bantuan hidup dasar yang penting dipahami oleh semua tenaga kesehatan. Simulasi ini juga mencontohkan tata cara bantuan hidup dasar yang dapat dilakukan di masa pandemi, yang aman bagi operator dan pasien.

Sementara materi kedua yang disampaikan oleh Florence Meliawati, drg., Sp. BM., M. Kes., mengangkat judul Manajemen Kedaruratan di Praktik Dokter Gigi. Florence, drg., Sp. BM yang juga merupakan Ketua Komite Medik RSGM Unjani, menjelaskan hal-hal penting yang harus diketahui oleh dokter gigi saat terjadi kegawatdaruratan dan hal-hal yang tidak diinginkan dalam praktik.

Sesi kedua diisi oleh narasumber Yudith Yunia Kusmala, dr., M. Kes., Sp. PD dan Tichvy Tammama, drg., Sp. BM dengan materi Tips dan Trik Mencegah Infeksi Virus Covid-19 dan Tata Laksana Pemakaian APD yang Benar.

Dalam paparannya, dr. Yudith yang juga menjabat sebagai Wakil Dekan 1 Fakultas Kedokteran Unjani menjelaskan mengenai hal-hal yang harus diperhatikan terkait Covid-19, serta tips untuk mencegah paparan virus tersebut.

Beliau juga menerangkan tata cara cuci tangan yang benar, etika batuk dan bersin, protokol kesehatan selama bepergian, menggunakan transportasi umum, serta di area publik. Pemilihan masker pun tak luput dari perhatian beliau.

Dalam penjelasannya, dr. Yudith membahas penelitian yang menunjukkan bahwa masker KN-95 dengan valve tidak dapat sepenuhnya memblokir transmisi droplet dari pengguna pada lingkungan di sekitarnya.

Materi selanjutnya diisi oleh Tichvy Tammama, drg. Sp. BM., yang menerangkan tentang pemakaian APD atau alat perlindungan diri.

Tata cara pakai-lepas APD sangat penting diperhatikan oleh tenaga kesehatan, untuk mencegah transmisi virus baik terhadap tenaga kesehatan maupun pasien.

Beliau juga menjelaskan tata cara membersihkan APD yang telah dipakai, serta prosedur pemakaian ulang masker N-95.

Webinar yang didukung oleh Aku Berbagi dan MediProject ini, diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dokter gigi, serta meningkatkan kesadaran dokter gigi untuk tetap menjaga diri dalam masa pandemi.

(gat)

loading...

Feeds

DPR Ngotot Alokasi Tunjangan Perumahan

POJOKBANDUNG.COM, JAKARTA – Kendati menuai kritik, rencana DPR RI memberikan tunjangan perumahan bagi wakil rakyat tidak berubah. Sekjen DPR RI …