Gempa Tektonik Guncang Kabupaten Bandung

ist ( foto: dokumentasi).

ist ( foto: dokumentasi).

POJOKBANDUNG.com, KAB. BANDUNG – Wilayah Kabupaten Bandung dan sekitarnya diguncang gempa bumi Tektonik pada Minggu (15/11) pukul 06.01 WIB, dengan kekuatan M=3.0.

Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang, Hendro Nugroho mengatakan berdasarkan analisasi BMKG, Episenter gampa bumi ini terletak pada koordinat 7.16 LS dan 107.5 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 15 km BaratDaya Kabupaten Bandung-Jawa Barat, dengan kedalaman 14 kilometer.

“Adapun jenis dan mekanisme gempa bumi ini yaitu dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi Dangkal, akibat aktivitas sesar lokal wilayah setempat,” ujar Hendro dalam keterangan tulisnya, Minggu (15/11).

Gempa bumi ini dirasakan di wilayah Kecamatan Ranca Bali dengan Skala Intensitas II MMI ( Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang ). Hal tersebut berdasarkan dengan apa yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat.

“Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut,” sambunya.

Terkait gempa bumi susulan, kata Hendro, berdasarkan hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

“Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” tutupnya.

(fik)

loading...

Feeds

BPJAMSOSTEK Tasikmalaya Gelar Employee Volunteering

POJOKBANDUNG.com, TASIKMALAYA – BPJS Ketenagakerjaan Cabang Tasikmalaya melaksanakan kegiatan Employee Volunteering bersih-bersih sampah Bersama Bank Sampah Belebet dalam rangka World …