Masyarakat Subang Berharap Peningkatan Ekonomi

BERBINCANG : Kunjungan Presiden Joko Widodo ke Kabupaten Subang disambut Bupati Subang Ruhimat.

BERBINCANG : Kunjungan Presiden Joko Widodo ke Kabupaten Subang disambut Bupati Subang Ruhimat.

POJOKBANDUNG.com,SUBANG – Kunjungan Presiden Joko Widodo ke Kabupaten Subang pada Jumat (29/11/2019) lalu, membawa harapan besar bagi masyarakat Subang.

Dengan melihat langsung kondisi yang ada, masyarakat berharap besar untuk terealisasinya sejumlah permohonan yang disampaikan ke pemerintah pusat selama ini, terkait peningkatan ekonomi masyarakat sebagai efek positif pembangunan Pelabuhan Patimban. Hal ini  disampaikan Ruhimat, Minggu (01/12).

Ia juga merasa sangat bersyukur dengan adanya program pembangunan nasional pelabuhan patimban sebagaimana diputuskan melalui Perpres No. 47 tahun 2016 tentang penetapan pelabuhan Patimban. Sebab ke depan Subang akan menjadi centra perdagangan internasional.

“Namun, tentu kita semua di daerah harus antisipasi berbagai hal, terutama terkait ketenagakerjaan yang harus mengutamakan masyarakat kita, pembangunan sarana penunjang seperti jalan akses dari Kota Subang ke Patimban, jalan jalan desa yang menjadi alternatif harus diperbaiki, termasuk jalan lingkar kota Subang yang harus secepatnya dibangun,” jelasnya.

Dia juga menegaskan, Subang jangan hanya menjadi lokasi transit pekerja pekerja asing atau luar Subang.

“Artinya, kita jangan mau hanya jadi penoton,” tegas Kang Jimat  sapaan akrabnya.

Kita sering melihat bagaimana kawasan industri itu berada namun masyarakat sekitarnya justru ada di lingkungan-lingkungan kumuh, itulah sebabnya kita antisipasi dari sekarang melalui permohonan-permohonan kita ke pemerintah pusat.

“Salah satu bukti bahwa kita sangat mendukung pembangunan itu dengan adanya lahan yang Pemkab hibahkan. Luasnya mencapai 30 hektar. Itu salah satu bukti dukungan untuk kelancaran pembangunan itu,” ungkapnya.

Bukan berarti kita ingin timbal balik, tetapi masa ia sih kita sebagai pribumi tidak dilibatkan dalam pembangunan itu, sementara kita juga punya BUMD seperti Subang Sejahtera, PDAM, dan Subang Energi Abadi yang sedang kita benahi agar siap masuk ke sana untuk ikut melaksanakan pembangunan Patimban.

“Bahkan kita ingin untuk pengelolaan Pelabuhannya diserahkan ke kita melalui Badan Usaha Pelabuhan (BUP) yang akan kita bentuk nanti,” jelas Bupati berjargon Jawara ini.

Ditanya terkait apakah permohonan tersebut telah disampaikan ke Presiden, Kang Jimat sapaan akrabnya, menegaskan bahwa semua permohonan tersebut sudah disampaikan bahkan sejak pertengahan tahun 2019 lalu melalui kementrian Perhubungan, Bappenas, KemenPU dan kementrian terkait lainnya, termasuk disampaikan secara langsung ke Presiden saat kunjungannya kemarin.

“Alhamdulillah Pak Presiden langsung merespon dengan akan dilaksanakannya rapat di Kantor Sekretariat Kabinet pada Rabu (4/12/2019) mendatang bersama kementrian kementrian terkait pembangunan Pelabuhan Patimban. Mudah-mudahan semua permohonan kita demi mendongkrak pembangunan di kita bisa segera terwujud. Mohon doa dan dukungannya saja dari semua pihak,” pungkasnya.

(anr)

loading...

Feeds

Penggiat Event Curhat ke Kang Arfi

Penggiat Event Curhat ke Kang Arfi

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG- Konser band kawakan Sheila On 7 sempat direncanakan berlokasi di Kota Bandung pindah ke Kabupaten Bandung. Hal itu menjadi …