Gempa dan Tsunami Besar Jawa, BMKG: Tak Ada yang Bisa Prediksi

POJOKBANDUNG.com – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meminta kepada masyarakat tetap tenang dan tidak terpancing isu ancaman gempa bumi dan tsunami di Pantai Selatan Jawa.

Deputi Bidang Geofisika BMKG Muhamad Sadly, mengatakan berdasarkan kajian para ahli bahwa zona megathrust selatan Jawa memiliki potensi gempa dengan magnitudo maksimum M 8,8.

“Tetapi ini adalah potensi bukan prediksi, sehingga kapan terjadinya tidak ada yang tahu,” ujarnya dalam siaran pers, Minggu (21/7/2109).

Dia menegaskan bahwa belum ada satupun orang di dunia maupun teknologi yang dapat memprediksi terjadi gempa bumi dengan tepat dan akurat. “Sehingga BMKG tidak pernah mengeluarkan informasi prediksi gempa bumi,” ujarnya.

Meski demikian, tutur Sadly, masyarakat harus melakukan upaya mitigasi secara struktural dan non struktural dengan membangun bangunan aman ghempa dan penataan ruang pantai aman tsunami.

“Serta membangun kapasitas masyarakat terkait cara selama saat terjadi gempa bumi dan tsunami,” ujarnya.

(cnb)

loading...

Feeds

BPJAMSOSTEK Tasikmalaya Gelar Employee Volunteering

POJOKBANDUNG.com, TASIKMALAYA – BPJS Ketenagakerjaan Cabang Tasikmalaya melaksanakan kegiatan Employee Volunteering bersih-bersih sampah Bersama Bank Sampah Belebet dalam rangka World …