Dukung Program 10 Destinasi Wisata Baru

(foto : IST)

(foto : IST)

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH – Untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di sektor 10 wisata baru yang baru-baru ini dikunjungi langsung oleh Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna bersama jajaran SKPD Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Kabupaten Bandung Barat (KBB) akan bersinergi dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bandung Barat.

Hal tersebut diungkapkan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Kabupaten Bandung Barat, Agustina Piryanti. Menurutnya, hal itu dilakukan untuk mengawal 10 objek wisata baru yang memiliki potensi PAD cukup signifikan

“Sesuai arahan Pak Bupati, dengan adanya sinergitas antara SKPD dalam mengawal program 10 wisata baru ini bisa menambah PAD baru, yang harus dioptimalkan,” kata Agustin kepada wartawan, Senin (1/7).

Selain menggali PAD, Kata Agustin hadirnya objek wisata yang baru ini, harus berdampak juga pada perputaran ekonomi warga sekitar. Sehingga warga di area wisata bisa merasakan dampak positifnya.

“Bukan hanya PAD-nya yang kami cari. Tapi, warga di sekitar wisata itu harus merasakan dampak ekonominya dari aktivitas para pengunjung yang datang,” katanya.

Dia mencontohkan, warga bisa berjualan dalam memenuhi kebutuhan para pengunjung yang datang. Bahkan, ke depan warga sekitar juga bisa membuat semacam homestay untuk disewakan kepada para pengunjung.

“Menyewakan homestay untuk menginap itu, merupakan salah satu potensi dalam menumbuhkan ekonomi baru bagi warga. Ada juga warga yang berjualan dan aktivitas ekonomi lainnya,” ujarnya.

Bila kunjungan wisata makin banyak dan menghasilkan PAD, kata dia, maka manfaatnya akan kembali lagi kepada masyarakat. Seperti untuk pembangunan infrastruktur jalan, pembangunan sarana prasarana pendidikan, kesehatan, penerangan jalan umum (PJU) hingga bantuan untuk pembangunan rumah tidak layak huni (rutilahu).

“PAD yang dihasilkan ini manfaatnya untuk kepentingan masyarakat juga. Mulai dari pembangunan jalan hingga sarana kesehatan, pendidikan dan lainnya. Sehingga kami memiliki kewajiban untuk memaksimalkan PAD agar terus naik setiap tahunnya. Itu yang sedang kami lakukan saat ini,” ujarnya.

Tak hanya fokus pada 10 wisata yang baru saja, kata dia, namun penarikan PAD melalui pajak hiburan/wisata lainnya juga akan terus digenjot. Dia juga mengimbau kepada seluruh pengusaha atau pemilik tempat hiburan/wisata yang memiliki kewajiban membayar pajak diminta untuk lebih taat dan tertib tepat waktu.

“Sejauh ini kami terus bersinergi dengan PHRI dalam mengoptimalkan pendapatan pajak dari sektor hiburan atau wisata. Kewajiban pengusaha membayar pajak, dan kami pemerintah memiliki kewajiban untuk memberikan pelayanan serta melakukan pembangunan infrastruktur ke setiap objek wisata,” pungkasnya.

(bie)

loading...

Feeds

BPJAMSOSTEK Tasikmalaya Gelar Employee Volunteering

POJOKBANDUNG.com, TASIKMALAYA – BPJS Ketenagakerjaan Cabang Tasikmalaya melaksanakan kegiatan Employee Volunteering bersih-bersih sampah Bersama Bank Sampah Belebet dalam rangka World …