Kang Emil Diminta Tak Reaktif dengan Kritikan.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil -(foto : dokument).

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil -(foto : dokument).

POJOKBANDUNG.COM, BANDUNG – Polemik kebijakan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil yang mengabadikan pojok Dilan (Dilan’s Corner) masih menuai kontroversi. Banyak pihak menilai keputusan itu tidak memiliki urgensi meski tujuannya menumbuhkan budaya literasi.

Anggota Komisi V DPRD Jawa Barat, Abdul Hadi Wijaya tak ragu melayangkan kritik pedas. Baginya, keputusan itu sama saja mengorbankan marwah Gubernur sebagai bapak dari puluhan juta rakyat Jawa Barat.

Ada banyak hal penting dan konstruktif yang harus dipikirkan oleh seorang Gubernur, seperti pengentasan ketimpangan ekonomi. Maka tak heran, jika keputusan ini menimbulkan berbagai reaksi dari berbagai pihak, maupun netizen.

“(Pojok) Dilan ini tidak konstruktif, dari segi karya memang harus diapresiasi. Tapi ga usah dilebih-lebihkan. Itu bisa dilakukan untuk tingkat Walikota. Kan ga enak Gubernur kita dibully. Beliau (Ridwan Kamil) punya marwah yang tinggi sebagai bapak puluhan juta warga Jabar. Mereka butuh perhatian,” katanya saat dihubungi, Kamis (28/2/2019).

Abdul menduga, dibalik keputusannya meresmikan pojok Dilan atau peringatan hari Dilan, Ridwan Kamil ingin meraih simpati dan mementingkan popularitas. Meski dari segi aturan tidak ada yang dilanggar, namun lebih baik tetap mengutamakan prioritas yang jadi tugasnya.

“Banyak lho pekerjaan rumah dari Ridwan Kamil. Manajemen pemerintah kan butuh penyesuaian karena banyak SDM yang dirotasi, kultur kerja yang belum dipahami. Banyak bencana, banjir, longsor. Belum lagi penyusunan RPJMD, Itu kan perlu fokus Gubernur,” tegasnya.

Karena itu, ke depan dia berharap Gubernur Ridwan Kamil bisa lebih bijak dalam memilih proyek pembangunan yang lebih penting untuk masyarakat. Dengan tidak menghamburkan energi pada proyek yang secara manfaat tidak terlalu besar.

Menurut dia, ada cara lain untuk mendongkrak budaya literasi di Jabar, tidak melulu dengan melakukan pembangunan Dilan’s Corner.

“Saya minta ke depan Pak Gubenur bisa lebih bijak. Akhirnya kan yang terjadi seperti sekarang, polemik di mana-mana,” terangnya.

Sementara itu, Akademisi dan Budayawan, Budi Dalton menilai sosok Dilan adalah tokoh fiksi yang bisa mewakili pop culture anak muda. Selama 10 tahun terakhir, sepeninggal Kabayan atau Lupus tidak ada tokoh fiksi yang bisa mewakili sebagian besar anak muda.

Dilan lahir dari sebuah karya sastra yang sukses bahkan menjadi fenomena hingga akhirnya difilmkan. Itu pantas diapresiasi. Namun, ia tidak melihat urgensi dibalik keputusan Ridwan Kamil meresmikan Pojok Dilan.

“Menurut saya, ini tidak ada urgensinya. Bukan masalah Dilannya, tapi saat memutuskan taman Dilan tidak ada urgensi dan memancing kontroversi dari berbagai pihak,” kata pria yang juga teman dekat Pidi Baiq, penulis buku Dilan.

“Lalu, berbicara tentang gubernur, alangkah baiknya memprioritaskan program beliau saat kampanye. Sekaliber beliau dengan timnya harusnya sudah memprediksi efeknya,” lanjutnya.

Ia pun berharap Ridwan Kamil tidak reaktif dengan kritik dan saran dari masyarakat. Terkait tujuan soal menumbuhkan literasi masyarkat, Budi menilai banyak komunitas atau masyarakat yang bergelut di dunja tersebut.

“Menurut saya, untuk menumbuhkan literasi kan sudah banyak, tapi tidak banyak disentuh. Temen majelis sastra Bandung. Jadi (gimmick) seperti (peresmian pojok dilan atau peringatan hari Dilan) direm dulu lah,” jelasnya.

Dihubungi terpisah, pegiat sejarah Gatot Gunawan berpendapat, jika Ridwan Kamil ingin mengambil momentum kesuksesan sebuah film, ada sosok orang Bandung yang patut diapresiasi tapi terlupakan. Ia adalah Bupati Bandung RAA. Wiranatakusumah V.

Wiranatakusumah adalah inisiator film berjudul Lutung Kasarung yang menjadi film pertama yang diproduksi di Indonesia/Hindia Belanda.

“Seharusnya beliau mengenalkan kiprah Wiranatakusumah V dalam dunia perfilman kepada generasi milenial. Kami rasa Gubernur terlalu lebay dalam mengangkat film dilan,” ucapnya.

Lebih jauh, Ridwan Kamil seharusnya lebih peka, bahwa di Jawa Barat khususnya Bandung, bulan Februari telah dideklarasikan sebagai Bulan Cinta Ibu Bangsa Inggit Garnasih.

Ridwan Kamil yang didapuk sebagai Duta Sukarno seharusnya mengambil kesempatan ini untuk mengenalkan kembali kepada warganya tentang sosok Inggit Garnasih.

“Februari seharusnya dijadikan momentum oleh emil untuk mengangkat kisah nyata Inggit Garnasih tentang pengorbanan, perjuangan, cinta kasih yang tulus,” terangnya.

“Jangan sampai rasa keingintahuan generasi milenial tentang sosok Dilan malah lebih besar dari pada keingintahuan mereka akan sosok Inggit Garnasih atau pejuang lainnya. Kalau itu terjadi maka itu menjadi kesalahan besar pemimpin yang tak serius dalam mengenalkan kembali sejarah bangsanya,” pungkasnya.

Sebelumnya, pada Minggu (24/2/2019) lalu, Gubernur Ridwan Kamil turut melangsungkan peletakan batu pertama Dilan’s Corner di kawasan GOR Saparua, Kota Bandung. Tempa dibuat untuk mendongkrak semangat literasi masyarakat.

“Karena ini juga terinspirasi dari Dilan yang dikonversikan ke film. Mudah-mudahan film dilan dapat diikuti kesuksesan dari literasi, kira-kira begitu,” ujar Ridwan Kamil di sela peletakan batu pertama Dilan’s Corner, pada Minggu (24/2/2019) lalu.

Pria yang akrab disapa Emil itu memastikan, pembangunan Pojok Dilan yang merupakan proyek pemerintah ini akan tuntas di akhir tahun 2019 ini. Adapun yang akan disediakan di lokasi, yakni meja untuk baca buku termasuk perpustakaan dan ditambahkan memorablilia Dilan.

Dia merasa harus mendorong budaya literasi, mengingat Indonesia masih berada pada rangking 60 dari 65 negara. Sementara untuk menjadi yang pandai, menulis dan membaca dinilai sangat penting.

“Kalau baca buku aja malas, makanya hoaksnya banyak. Supaya kita menjadi bangsa yang mendalami tulisan,” ucapnya.

(azs)

loading...

Feeds

Penggiat Event Curhat ke Kang Arfi

Penggiat Event Curhat ke Kang Arfi

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG- Konser band kawakan Sheila On 7 sempat direncanakan berlokasi di Kota Bandung pindah ke Kabupaten Bandung. Hal itu menjadi …

BYD M6 Diperkenalkan di GIIAS Bandung 2024

POJOKBANDUNG.com – Setelah sukses memperkenalkan kendaraan listrik (EV) unggulannya di GIIAS Jakarta dengan total pemesanan mencapai 2.920 unit, serta di …