Duh… Indonesia Duduki Peringkat Ketiga Terlemot Soal Kecepatan Internet

Ilustrasi internet global

Ilustrasi internet global

POJOKBANDUNG.com – Indonesia menduduki peringkat ketiga paling buncit dari total 45 negara untuk rata-rata kecepatan internet, yakni 15,5 Mbps dari 54,5 Mbps.

Padahal, rata-rata kecepatan internet kabel dunia mengalami kenaikan 33 persen setiap tahunnya, berdasarkan laporan data Hootsuite dan We Are Social, Januari 2019.

Berbeda lagi ketika mengambil jaringan internet dari ponsel. Indonesia juga masih menjadi yang paling lambat atau berada di urutan kelima dari buncit (45 negara).

Di mana, rata-rata kecepatan internet pengguna ponsel di Indonesia hanya sekitar 10,5 Mbps dibanding rata-rata kecepatan internet seluler dunia ialah 25,1 Mbps dan naik 18 persen setiap tahunnya.

Kecepatan internt tertinggi masih dipegang oleh Singapura dengan 190,9 Mbps untuk sambungan kabel internet dan sambungan di seluler menduduki posisi kedua di bawag Canada dengan rata-rata 61,0 Mbps.

Lalu jika timbul pertanyaan, seperti ;

Mengapa dan apa penyebabnya internet di Indonesia tidak secepat negara seperti Singapura. Padahal negeri kita lebih kaya dibanding mereka dan SDM-nya punya lebih banyak?

jawabannya ;

secara geografis, Singapura itu luas negaranya kecil jika dibandingkan Indonesia. Luas Singapura hanya lebih besar sedikit dari kota Jakarta.

Sedangkan luas keseluruhan Indonesia 2,6 juta kali luas negara tetangga kita itu. Di kota Jakarta sendiri untuk mendapat akses internet dengan kecepatan Gigabit sekalipun, sudah banyak provider yang menyediakannya.

Luas Indonesia yang demikian besar, menjadikannya tidak mudah bagi para operator, provider, dan pemerintah kita untuk membangun jaringan internet yang merata. Apalagi di Indonesia masih begitu banyak hutan dan gunung dengan ketinggian yang bervariasi. Singapura sendiri ‘gunung’ tertingginya bernama Bukit Timah, tingginya hanya 164 meter saja.

Jika kita berwisata dari Jakarta ke daerah Puncak (Bogor), tingginya sudah naik 1400 meter, dan gunung tertinggi di Indonesia, Puncak Jaya di Papua, tingginya hampir 5000 meter.

Tempat-tempat yang luas dan bervariasi tingginya ini sangat sulit untuk dibuat jaringan internet biasa, misalnya melalui jaringan kabel.

(mg8)

loading...

Feeds

Klaim JHT Gratis Hindari Calo

POJOKBANDUNG.COM, CIMAHI – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan atau BPJAMSOSTEK mengingatkan kepada peserta agar mewaspadai calo atau jasa pencairan terutama …

DPR Ngotot Alokasi Tunjangan Perumahan

POJOKBANDUNG.COM, JAKARTA – Kendati menuai kritik, rencana DPR RI memberikan tunjangan perumahan bagi wakil rakyat tidak berubah. Sekjen DPR RI …