Tidak Ada Kerusakan dan Korban Jiwa Saat Gempa 5,4 SR di Sukabumi

POJOKBANDUNG.com – Gempa bumi berkekuatan 5,4 skala richter (SR) di Sukabumi, pukul 16.54 WIB, Selasa (8/1) tidak berdampak kerusakan dan korban jiwa. Bahkan tidak menunjukan adanya gempa susulan.

Kepala Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jabar, Budi Budiman mengatakan wilayah Samudera Hindia Selatan Jawa diguncang gempa bumi tektonik. Informasi awal gempa bumi ini berkekuatan magnitudo 5,4 yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi magnitudo 5,0.

Dengan episenter gempa bumi terletak pada koordinat 7,83 LS dan 106,44 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 93 km arah selatan Kota Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Jabar.

“Dari hasil pemantauan sampai pukul 17.43 WIB, sementara tidak ada dampak baik korban jiwa ataupun kerusakan dan kerugian harta benda, juga tidak mengganggu kehidupan dan penghidupan,” kata Budi, Selasa (8/1).

Namun berdasarkan pemantauan dan koordinasi dengan Kabupaten/Kota terus dilakukan. Bahkan hasil monitoring BMKG hingga saat ini menunjukkan belum terjadi gempa bumi susulan.

“Untuk itu kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti arahan BPBD dan informasi BMKG,” ujarnya.

Berdasarkan data Pusdalop BPBD Jabar, 12 Kota Kabupaten di Jawa Barat merasakan guncangan gempa bumi tersebut. Diantaranya Kabupaten Sukabumi, Kota Sukabumi, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Bekasi, Kota Bekasi, Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Garut, Kabupaten Tasikmalaya, dan Kota Tasikmalaya.

Sementara Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Kasbani menjelaskan penyebab gempa bumi tersebut berdasarkan lokasi pusat gempa bumi dan kedalamannya (65,7 km; USGS) yang berada pada jalur kegempaan (Zona Benioff), gempa bumi berasosiasi dengan aktivitas penunjaman Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia.

Sedangkan dampak dari guncangan gempa bumi dirasakan di Pos Pengamatan Gunung Salak di Kecamatan Cicuruk, Kabupaten Sukabumi; Gunung Gede di Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur; Gunung Tangkuban Parahu di Ciater, Kabupaten Subang; dan Gunung Guntur di Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut dengan intensitas II MMI (Modified Mercalli Intensity).

“Masyarakat diimbau untuk tetap tenang dan mengikuti arahan serta informasi dari pemerintah daerah dan BPBD setempat. Jangan terpancing oleh isu yang tidak bertanggung jawab mengenai gempa bumi dan tsunami. Juga masyarakat agar tetap waspada dengan kejadian gempa susulan, yang diharapkan berkekuatan lebih kecil,” tutur Kasbani, Selasa (8/1).

(jpc)

 

loading...

Feeds

BPJAMSOSTEK Tasikmalaya Gelar Employee Volunteering

POJOKBANDUNG.com, TASIKMALAYA – BPJS Ketenagakerjaan Cabang Tasikmalaya melaksanakan kegiatan Employee Volunteering bersih-bersih sampah Bersama Bank Sampah Belebet dalam rangka World …