Kementerian ESDM : Gunung Anak Krakatau Erupsi Lagi, Status Waspada

Gunung Anak Krakatau

Gunung Anak Krakatau

POJOKBANDUNG.com, LAMPUNG – Gunung Anak Krakatau mengalami erupsi pada Sabtu (18/8) kemarin petang. Saat ini gunung tersebut berstatus waspada.

“Telah terjadi erupsi Gunung Anak Krakatau, Lampung, pada tanggal 18 Agustus 2018 pukul 18.09 WIB dengan tinggi kolom abu teramati ± 500 m di atas puncak (± 805 m di atas permukaan laut),” bunyi informasi yang tertulis pada situs resmi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Badan Geologi pada Minggu (19/8/2018).

Pada situ tersebut juga diinformasikan bahwa asap hitam yang muncul akibat erupsi tersebut condong bergerak ke arah utara. Erupsi tersebut diketahui berlangsung sekitar 2 menit.

“Kolom abu teramati berwarna hitam dengan intensitas tebal condong ke arah utara. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 42 mm dan durasi ± 2 menit 33 detik,” lanjut keterangan tersebut.

Mengingat statusnya yang berada pada tingkat waspada, ESDM Badan Geologi pun mengimbau agar masyarakat atau wisatawan tidak mendekat dalam jarak radius 2 kilometer dari kawah.

“Saat ini Gunung Anak Krakatau berada pada status level II (waspada) dengan rekomendasi: masyarakat atau wisatawan tidak diperbolehkan mendekati kawah dalam radius 2 km dari kawah,” imbau pihak ESDM Badan Geologi.

(yas/detikcom/pojokbandung)

loading...

Feeds

BYD M6 Diperkenalkan di GIIAS Bandung 2024

POJOKBANDUNG.com – Setelah sukses memperkenalkan kendaraan listrik (EV) unggulannya di GIIAS Jakarta dengan total pemesanan mencapai 2.920 unit, serta di …